Home » Tips dan Trik » Ini Dia 4 Tips Tepat Memakai GPS Navigasi Mobil Agar Tak Salah

Ini Dia 4 Tips Tepat Memakai GPS Navigasi Mobil Agar Tak Salah

Teknologi GPS navigasi mobil tentunya sangat populer di kalangan penggunaan kendaraan baik mobil maupun motor. Awalnya teknologi bernama GPS ini dijumpai pada kendaraan jenis mobil yang membantu penggunanya agar tidak tersesat. GPS berfungsi sebagai penunjuk arah dengan konkrit karena akan memperlihatkan sebuah peta lengkap dengan nama jalan maupun bangunan. Sayangnya penggunaan teknologi ini masih dijumpai error dan disebabkan oleh banyak hal, mulai dari aplikasi yang salah sampai pengaturan aplikasi yang belum maksimal.

Ini Dia 4 Tips Tepat Memakai GPS Navigasi Mobil Agar Tak Salah

Tips Memakai GPS Mobil

Supaya mencari jalan dan alamat memakai teknologi GPS ini hasilnya tidak membingungkan apalagi sampai menipu. Maka simak tips berikut untuk memanfaatkan teknologi navigasi ini:

  • Pilih aplikasi GPS yang tepat,

Keakuratan dan kemudahan pemakaian teknologi bernama GPS ini bisa lebih maksimal asalkan memakai aplikasi yang tepat. Aplikasi GPS di AppStore maupun PayStore cukup banyak dan bisa dipilih berdasarkan rating maupun ulasan. Pilih aplikasi yang rating dan ulasannya bagus serta digunakan lebih banyak orang, sehingga Anda mendapatkan GPS yang memang membantu masalah navigasi secara baik dan benar.

  • Pastikan tampilan peta sudah sesuai,

Sebelum mempercayai hasil pencarian mesin GPS navigasi mobil di kendaraan Anda pastikan cek dulu kredibilitas informasi di layar. Cek apakah arah dan posisi awal Anda membaca GPS tersebut memang sesuai. Kenali nama jalan tempat Anda berhenti untuk menepi lalu cocokkan dengan nama jalan di layar GPS tersebut. Kemudian perhatikan soal arah di GPS tersebut pula apakah memang sudah sesuai arah mata angin di lapangan atau tidak. Intinya jika posisi awal layar GPS normal maka bisa dipercaya.

  • Baca GPS sembari berhenti sejenak,

Untuk membantu Anda membaca hasil GPS dengan benar sehingga tidak semakin lama berputar-putar di jalan yang salah. Maka ketika membaca hasilnya usahakan menepikan mobil sebentar, lakukan untuk membaca hasilnya dengan nyaman. Jadi Anda bisa memastikan sudah masuk ke belokan yang tepat, gang yang benar, dan sebagainya tanpa perlu putar balik. Penggunaan GPS mayoritas dilakukan di jalan biasa bukan jalan tol, sehingga bisa berhenti kapan saja selama tidak ada larangan dari rambu lalu lintas di area tersebut.

  • Hafalkan nama jalan,

Agar hasil penelusuran perangkat GPS ini bisa diandalkan maka diwajibkan bagi pemilik mobil untuk hafal jalan. Tujuannya untuk mencegah mempercayai hasil GPS yang tidak akurat di tengah jalan karena bisa saja terjadi. Kemudian pahami batas maksimal jarak yang bisa dicari dengan teknologi GPS tersebut. Pasalnya untuk saat ini jarak tempat yang lebih dari 40km membuat GPS tidak berfungsi dengan maksimal. Jadi gunakan aplikasi GPS navigasi mobil untuk pencarian jalan dan alamat dalam kota saja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *