Home » Perawatan Mobil » Ini Dia Cara Melakukan Perawatan Pada Stir Mobil Anda Agar Tetap Berfungsi dengan Baik

Ini Dia Cara Melakukan Perawatan Pada Stir Mobil Anda Agar Tetap Berfungsi dengan Baik

Melakukan perawatan untuk seluruh komponen dalam mobil adalah hal yang harus Anda lakukan, untuk menjaga kestabilan mobil Anda dalam berkendara. Untuk mobil yang tidak ada kerusakan sama sekali bisa Anda pakai dengan nyaman serta orang yang berada dalam mobil bersama pengemudi juga kan ikut merasakan nyaman. Apalagi jika dalam perjalanan jarak jauh Anda harus melakukan kontrol terlebih dahulu pada setiap bagian dari mobil Anda terutama bagian stir mobil. Karena pada bagian stir ini akan membuat Anda berkendara dengan lebih baik jika pada stirnya bisa Anda kendalikan dengan baik.

Selama ini masih banyak yang belum mengetahui bahwa bagian stir dalam mobil juga berpengaruh terhadap keselamatan perjalanan Anda. Karena selama ini banyak terjadi juga kecelakaan yang diakibatkan dari hilangnya kendali stir. Oleh karena itu Anda harus selalu melakukan perawatan terhadap stir pada mobil Anda sehingga Anda bisa menggunakan dengan baik. Untuk melakukan perawatan juga tidak sulit yaitu:

  1. Anda harus melakukan kontrol pada bagian suspensinya, pastikan tidak ada kebocoran minyak serta per dari suspensi tidak lembek.
  2. Saat Anda berkendara pastikan Anda selalu memutar kemudi dengan pelan, hal ini dilakukan agar stir tetap awet. Jika Anda sudah akan memasuki belokan maka Anda harus mengurangi kecepatan Anda sehingga tidak membuat Anda memutar kemudi sangat cepat.
  3. Sebelum Anda mengendarai mobil, sebaiknya Anda mengecek bagian sistem kemudi nya dengan cara yang bisa Anda lakukan yaitu mendongkrak dua roda depan hingga terangkat keatas. Setelah itu Anda bisa menggerakkan kemudi dengan gerakan ke kiri dan ke kanan secara pelan-pelan. Amati secara teliti, pastikan tidak ada kerusakan yang terjadi pada stir mobil Anda. Untuk bagian yang bisa Anda periksa yaitu:
  • Sambungan antara baut dengan sistem kemudi,
  • Bagian bak roda pada gigi kemudi,
  • Bagian Suspensi depan juga termasuk bagian ball joint,
  • Bagian batang kemudi.
  1. Jika untuk beberapa bagian tersebut terjadi kerusakan seperti kurang lancar dalam gerakannya maka Anda bisa melumasi bagian tersebut hingga kembali lancar.
  2. Saat berkendara Anda harus menghindari melakukan kemudi dengan menginjak rem serta memutar bagian stir. Jika Anda berada pada jalan yang turun serta berbelok maka Anda bisa menggunakan rem tangan saja, karena rem tangan kan mengunci bagian roda belang saja sehingga roda depan akan bisa bergerak untuk berbelok baik ke kanan ataupun ke kiri.
  3. Ada baiknya Anda mengukur tiap jumlah dari perputaran stir yang Anda gerakan dari posisi lurus ke kanan serta ke kiri, lakukanlah dengan pelan jika putaran stir mobil sudah mendekati pada akhir putaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya tekanan yang naik secara mendadak serta mencegah adanya komponen power steering yang cepat aus.
Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *