Home » Tips dan Trik » Ini Dia Cara Memilih dan Merawat Ban Mobil dengan Benar dan Tepat

Ini Dia Cara Memilih dan Merawat Ban Mobil dengan Benar dan Tepat

Ada begitu banyak alat transportasi yang digunakan saat ini tetapi kebanyakan orang lebih memilih mobil. Mobil merupakan kendaraan roda empat yang banyak digunakan saat ini. Mobil lebih dipilih karena memiliki banyak kelebihan seperti dapat menampung penumpang lebih dari 4 orang, dapat terhindar dari panas matahari pada siang hari dan hujan, dan tidak perlu takut terkena debu maupun asap kendaraan lainnya. Penumpang juga tidak perlu khawatir karena mobil telah dilengkapi dengan alat multimedia sehingga penumpang tidak bosan. Beberapa mobil didesain untuk keluarga, untuk jalanan yang tidak rata, untuk balapan dan lainnya. Salah satu bagian mobil yang penting adalah ban mobil yang dipilih dengan cara yang benar dan dirawat dengan baik.

 Ini Dia Cara Memilih dan Merawat Ban Mobil dengan Benar dan Tepat

Berikut adalah cara memilih ban diantaranya:

 

  • Pilih ban berdasarkan kebutuhan, tentukan apakah untuk kegunaan sehari-hari atau kegunaan untuk kompetisi. Biasanya untuk ban khusus kompetisi lebih memiliki harga yang cukup mahal sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Perhatikan tipe ban mobilmu, perhatikan huruf paling depan dari kode yang tertera seperti huruf P untuk mobil penumpang, LT untuk truk dengan berat yang sedang, S untuk mobil trailer, T untuk ban cadangan dan R untuk ban radial.
  • Perhatikan ukuran ban, perhatikan angka di belakang huruf R yang akan menunjukan ukuran velg mobil. Perhatikan ukuran yang tepat, jangan menggunakan ukuran terlalu kecil atau besar.

 

Selain itu juga, perhatikan lebar ban yang akan mempengaruhi cengkram dan juga akselerasi pada mobil. Jika lebar maka cengkraman semakin kuat tetapi jika sempit maka cengkraman lemah. Ban mobil juga perlu diperhatikan pola tapak atau desainnya, yang berpengaruh terhadap kinerja traksi dan juga pengereman. Perhatikan juga ketebalan ban, ban yang tipis akan mudah membuat velg menjadi rusak.

 

Berikut adalah cara merawat ban diantaranya:

 

  • Cari tahu tekanan angin yang tepat, biasanya ditemui pada stiker pintu pengemudi, buku manual dan bukan pada ban karena angka tersebut adalah tekanan maksimum.
  • Cek tekanan angin ban setidaknya sekali sebulan dan sebelum melakukan perjalanan yang jauh.
  • Cek tekanan angin ketika mobil masih dingin sehingga akan cepat mendapatkan tekanannya.
  • Rawat ban cadangan dengan mengeceknya sebulan sekali terutama tekanan anginnya.
  • Cek kondisi kembang ban dan pastikan masih memiliki ketebalan kembang ban yang baik.

 

Untuk merawat ban juga waspadai lubang saat sedang berada di jalan karena dapat merusak ban dan velg. Bahkan dapat merusak spooring, suspensi, tie rod end laher roda dan arm. Ban mobil juga perlu di rotasi setiap 9600 km untuk memperpanjang umur ban. Dengan cara, ban belakang kanan di rotasi dengan ban depan kiri dan ban belakang kiri di rotasi dengan ban depan kanan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *