Home » Tips dan Trik » Inilah 11 Penyebab Mobil meledak yang Wajib Anda Ketahui

Inilah 11 Penyebab Mobil meledak yang Wajib Anda Ketahui

Sebenarnya semua jenis mobil berpotensi meledak. Penyebabnya pun beragam, seperti konslet sistem kelistrikan, bocor selang bahan bakar dan sebagainya. Meskipun kejadian mobil meledak masih terbilang jarang dan hanya terjadi pada beberapa kecelakaan parah, sebagai pemilik mobil tetap harus waspada. Oleh karena itu, silahkan simak penyebab meledaknya mobil berikut ini.

Inilah 11 Penyebab Mobil meledak yang Wajib Anda Ketahui

Ada Kabel Terkelupas

Percikan api bisa disebabkan oleh kabel yang terkelupas karena rapuh dan saling bergesekan saat Keadaan sebuah mobil tidak stabil. Hal ini bisa ditandai dengan munculnya bau-bau sangit yang ada di mobil. Jika hal ini terjadi, maka segera hentikan mobil Anda.

Mesin Mobil Dimodifikasi

Pemakaian selang bahan bakar yang berkualitas bagus wajib pada bagian mesin mobil yang telah dimodifikasi, khususnya jika memakai bahan bakar bensin. Pilih selang bahan bakar dengan serat karbon baja.

Kabel Pararel Aki Tidak Kencang

Konsleting penyebab mobil meledak juga bisa terjadi karena kabel pararel yang menumpuk pada aki dan baut yang tidak terpasang dengan kuat. Jadi, Anda harus rutin memeriksa baut atau soket aki mobil.

Bocor Pada Setrum Kabel Busi

Percikan api bisa muncul dari Kebocoran pada setrum kabel busi. Dimana saat terkena tetesan bahan bakar sedikit saja akan langsung membuat mobil meledak dan terbakar.

Charger Mobil Tidak Original

Umumnya penampang dan arus pada Charger mobil palsu atau murah lebih besar. Sehingga arus yang tersalur pada kabel di bagian belakang rumah lighter jadi lebih cepat panas.

Ukuran Kabel Tidak Sesuai

Jika tidak memakai jenis atau tipe yang sesuai dan berkualitas, kabel juga menjadi bagian yang riskan menyebabkan mobil terbakar. Kabel akan memuai dan api menyebar ke seluruh bagian mobil jika dalam pengaplikasiannya terdapat kesalahan mengingat daya setrum yang lewat pada kabel tersebut berbeda-beda.

Selang Bahan Bakar Bocor

Umumnya, selang bahan bakar Mobil yang sudah tua terbuat dari material kain yang sangat mudah robek. Pastikan Anda memeriksa selang bahan bakar ini secara rutin dan segera menggantinya jika sudah rapuh agar tidak memicu percikan api.

Kebocoran Pada Oli

Memakai pembungkus anti panas pada header wajib hukumnya pada mobil yang sudah di modifikasi. Namun, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah ada oli yang bocor atau cipratan oli dari blok mesin sebelum melakukannya.

O Ring Injektor Keras

Selang atau karet pada o ring injektor sebaiknya dalam keadaan fleksibel atau lentur. Karena jika tidak, rentan terjadi kebocoran yang berbahaya. Untuk mencegahnya, Gantilah selang atau karet tersebut.

Air Filter Karburator Terbuka

Hindari memakai air filter yang terbuka pada mobil bersistem karburator. Sebab, melalui celah kecil book air filter bisa ditembus hawa dari bensin yang menguap. Mobil akan langsung terbakar dan meledak jika ada kabel terkelupas serta uap dari bensin yang mengenai bagian kabel tersebut.

Pipa Knalpot Bocor

Jika terkena panas, bagian bawah tanki bensin pada Pipa knalpot juga sangat. Bensin akan menguap dan menjadi penyebab terbakarnya mobil.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *