Home » Tips dan Trik » Inilah 4 Faktor Penyebab Mobil Terbakar yang Wajib Dikenali

Inilah 4 Faktor Penyebab Mobil Terbakar yang Wajib Dikenali

Beberapa waktu lalu terdapat kasus mobil terbakar di lahan parkir yang tentunya sempat menjadi perbincangan hangat. Dalam kasus tersebut ada indikasi mobil dibakar secara sengaja sehingga pihak berwajib melakukan penelusuran lebih lanjut. Namun, kasus serupa juga bisa dikatakan sering terjadi dan tidak menutup kemungkinan mobil mendadak terbakar di area kerumunan. Meskipun sebagian besar kasus mobil yang terbakar ini karena adanya faktor kesengajaan yakni dibakar orang. Tetap ada beberapa faktor yang bisa memicu kebakaran ini terjadi dengan sendirinya.

Inilah 4 Faktor Penyebab Mobil Terbakar yang Wajib Dikenali

Faktor Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Mobil bisa saja terbakar secara tiba-tiba bahkan ketika di parkir di sebuah lahan kosong, apa saja penyebabnya? Kenali penyebabnya berikut ini kemudian wajib untuk dihindari:

  • Kebocoran pada bahan bakar maupun oli,

Saat mesin mobil dinyalakan maka terdapat beberapa jenis cairan yang mengalir di beberapa komponen dan kebetulan punya sifat mudah terbakar. Sebut saja seperti cairan bensin, oli, atau bahkan cairan pada pendingin mesin. Ketika saluran atau selang yang mengalirkan berbagai jenis cairan ini mengalami kebocoran maka berpotensi menyebabkan kebakaran. Bensin dan oli misalnya jika terkena suhu 7.2 derajat bisa menyebabkan ledak di mesin.

  • Kerusakan pada kelistrikan,

Penyebab kedua dari kasus mobil terbakar secara mendadak adalah adanya kerusakan di kelistrikan mesin mobil. Terutama di bagian aki yang memang sudah soak, masalah pada aki bisa memicu penimbunan gas hidrogen di mesin mobil. Penumpukan gas jenis ini bisa memicu terjadinya kebakaran dan ledakan karena memang mudah bereaksi ketika bertemu dengan percikan api. Jika aki mobil sudah jarang diperiksa dan dibersihkan maka ada kemungkinan menjadi penyebab utama kebakaran.

  • Mesin mengalami overheat,

Mesin sebuah mobil apabila bekerja secara berlebihan dan tabung radiator pun ternyata dalam kondisi lumayan kering. maka bisa memicu overheat yakni suhu mesin yang mengalami kenaikan drastis dan berpotensi menyebabkan kebakaran. Inilah penyebab mengapa mesin mobil bisa mengeluarkan asap ketika suhunya naik drastis. Maka penting untuk memeriksa tabung radiator selalu terisi air penuh dan memarkirkan mobil di tempat teduh. Tindakan semacam ini bisa meminimalisir overheat dan tentunya akan mencegah kebakaran yang mendadak pada mobil.

  • Terjadi kecelakaan,

Pada saat mobil mengalami kecelakaan maka akan terjadi benturan, benturan ini ternyata tidak hanya berpotensi membuat body mobil penyok. Akan tetapi juga membuat selang-selang berisi cairan yang mudah terbakar di dalam mesin mobil mengalami kebocoran. Tak ayal banyak kecelakaan mobil yang berakhir dengan resiko mobil meledak dan terbakar sampai habis. Meskipun kecelakaan bisa menyebabkan mobil terbakar namun jika berkendara dengan hati-hati resiko semacam ini bisa ditekan, pastikan pula tubuh dalam kondisi prima sewaktu mengemudi.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *