Home » Tips dan Trik » Inilah 9 Tips Mencegah Mobil Terbakar di Jalanan

Inilah 9 Tips Mencegah Mobil Terbakar di Jalanan

Selain karena konsleting listrik, kebakaran pada mobil juga bisa terjadi akibat panas yang berlebihan. Misal pada bagian catalytic converter yang terhubung langsung dengan knalpot dan gas buang dengan suhu cukup tinggi. Nah untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, simak baik-baik tips mencegah mobil terbakar berikut.

Inilah 9 Tips Mencegah Mobil Terbakar di Jalanan

  1. Apabila Wiring Belum Dimodifikasi Gunakan Lampu Original

Mengganti lampu bawaan dengan lampu-lampu after sales termasuk salah satu modifikasi mobil ringan. Hal Ini boleh-boleh saja dilakukan setelah memastikan bahwa spesifikasi lampu sesuai dengan bohlam aslinya. Karena, pemakaian bohlam yang tidak sesuai spesifikasi kelistrikan mobil cukup rawan terjadi pembakaran akibat lelehan lampu karena panas.

  1. Gunakan Sekering dan Relay

Gunakan fuse dan relay untuk mengamankan lampu dari kebakaran. Ketika terjadi lonjakan aliran arus fuse akan melindungi kelistrikan dari kebakaran dengan memutuskan rangkaiannya. Sementara potensi arus besar pada saklar akan dilindungi oleh relay sehingga potensi panas yang dihasilkan tidak berlebihan.

  1. Gunakan Kabel dengan Diameter Kecil Sebagai Kabel Arus Utama

Layaknya selang air, aliran air yang kecil idealnya juga menggunakan selang yang kecil. Jika pada kelistrikan, apabila dialiri arus listrik berkapasitas besar kabel yang kecil akan cepat panas.  Sehingga rawan terjadi pengelupasan kabel akibat lelehan isolator kabel. Jika Anda menggunakan kabel berdiameter lebih besar, beban yang lebih tepat ialah seperti lampu dan klakson.

  1. Rapikan Kabel-kabel

Selain agar enak dipandang, Merapikan kabel juga memiliki peranan penting di mana Anda bisa mengatur dan memperkecil terjadinya korsleting pada kabel.

  1. Pastikan Catalytic Converter tidak Mengenai Karpet Peredam

Sesekali mengintip bagian bawah mobil juga perlu. Lihat dan pastikan posisi bagian catalytic converter terbebas atau tidak berdekatan dengan karpet peredam dan komponen lain yang mudah terbakar. Bila perlu, bekali catalytic converter dengan pelindung panas.

  1. Cek Kabel dan Konektor

Penyebab mobil terbakar lain yang sepele ialah Kabel yang terkelupas. Terkelupasnya kabel bisa terjadi saat menyambung kabel namun isolasinya terkelupas dan berpotensi menyentuh komponen mobil berbahan logam. Tak hanya faktor ketidaksengajaan, terkadang kabel terkelupas bahkan putus juga karena ulah tikus. Sehingga Anda perlu sering melakukan pengecekan kap mesin mobil.

  1. Cek selalu koneksi selang bahan bakar

Rata-rata material elang bahan bakar mobil dari tanki menuju mesin berbahan mika. Namun, kekuatan bahan tersebut terhadap lekukan dan tumbukan benda keras kurang. Jika sampai pecah, bensin akan bocor dan membasahi bagian mobil sehingga berisiko terjadi kebakaran. Selain itu, pastikan sambungan (fitting) selang bensin dengan filter atau dengan pipa delivery pada mesin kencang dan tidak bocor.

  1. Cek Kabel Baterai dan Starter, Pastikan Kencang

Mungkin kinerja motor starter terganggu karena kabel starternya terbakar. Salah satu penyebabnya ialah kurang kencangnya koneksi terminal starter dengan kabel aki. Potensi kebakaran timbul karena adanya peningkatan suhu di sekitar koneksi yang kendor.

  1. Lakukan Service Secara Rutin

Tak hanya berfungsi menjaga performa mesin, Service berkala juga dapat mencegah masalah seperti korsleting. Karena semua sistem pada mobil akan mengalami pemeriksaan saat melakukan service berkala. Sehingga apabila ada kerusakan akan segera diketahui.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *