Home » Tips dan Trik » Inilah Beberapa Fase Mobil Tua yang Harus Anda Ketahui Agar Tidak Salah Menilainya

Inilah Beberapa Fase Mobil Tua yang Harus Anda Ketahui Agar Tidak Salah Menilainya

Pada zaman yang semakin modern ini, tentunya hampir segala benda yang kita gunakan setiap harinya atau yang berada di sekeliling kita selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut juga sangat terasa pada moda transportasi. Salah satunya yang paling terlihat jelas adalah mobil, yang dimana mengalami begitu banyak perubahan dalam mesin serta tampilannya. Tidak heran jika ada yang menggunakan mobil yang sudah ketinggalan zaman, maka mereka akan menggantinya dengan model yang jauh lebih baru meski pun harganya juga semakin lama semakin meningkat. Namun, hal ini bukan mengartikan bahwa mobil tua tidak lagi diminati oleh masyarakat Indonesia, karena hingga saat ini permintaan akan mobil tersebut pun selalu meningkat. Hal tersebut dikarenakan banyaknya para kolektor yang mengumpulkan beberapa peninggalan kuno, termasuk dengan mobil. Namun, ternyata bukan hanya tua saja, masing-masing dari mobil tersebut memiliki nama lain yang dibagi berdasarkan waktunya.

Inilah Beberapa Fase Mobil Tua yang Harus Anda Ketahui Agar Tidak Salah Menilainya   

Berikut inilah beberapa fase dari mobil tersebut yang harus Anda ketahui agar tidak salah dalam mengerti jenis mobil tersebut: 

  • Antik

Banyak yang mengatakan bahwa menemukan barang yang memiliki usia cukup lama atau sudah terlihat usang, maka biasanya mereka akan menyebutnya barang antik. Mobil akan dikatakan antik jika sudah memasuki usia 100 tahun. Jika belum masuk dalam usia tersebut, maka mobil belum bisa dikatakan sebagai mobil antik. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui agar nantinya tidak salah kaprah dan salah pengertian.

  • Vintage

Dalam fase vintage ini terbagi dari dua, yakni ketika setelah dan sebelum Perang Dunia ke II. Fase sebelum perang diambil dari tahun 1919 sampai dengan 1930. Sedangkan yang setelah perang dunia tersebut akan diambil dari tahun 1946 hingga 1952. Jadi, hanya beberapa jenis mobil tua yang diciptakan atau pun dipakai pada saat tersebut sajalah yang dikategorikan ke dalam mobil vintage. Jika kebingungan, maka mobil akan disebut vintage ketika sekarang ini memasuki usia 40 tahun lebih. 

  • Retro

Fase selanjutnya yang juga harus Anda ketahui adalah era retro. Mobil yang disebut sebagai jenis retro pada saat ini pastinya sudah menginjak usia 20 tahun ke atas. Jika melihat tahun produksinya, maka biasanya mobil retro diproduksi pada tahun 1980 sampai dengan awal 1990. Hal ini pun juga tidak boleh sampai terlupakan karena pastinya kolektor mobil akan lebih selektif dan melihat tahun dari penggunaan atau pun produksinya. 

Ketiga fase diataslah yang harus Anda ketahui jika memang berminat untuk mengoleksi jenis-jenis mobil tersebut atau pun jika Anda memiliki hubungan atau keterikatan dengan otomotif. Memang sekarang ini mobil tua tidak lagi digunakan oleh masyarakat Indonesia, namun Anda bisa mengoleksinya sebagai cinderamata dari zaman tersebut. Pastinya hal ini akan sangat menarik dan membuat Anda bernostalgia.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *