Home » Tips dan Trik » Inilah Ciri-ciri Mesin Mobil yang Tergolong Masih Baik dan Berkualitas yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri-ciri Mesin Mobil yang Tergolong Masih Baik dan Berkualitas yang Harus Anda Ketahui

Sekarang ini mobil menjadi kendaraan yang paling diinginkan oleh masyarakat Indonesia karena kendaraan tersebut dapat Anda gunakan untuk berpergian dengan keluarga atau pun orang terdekat Anda, kemana pun dan juga kapan pun yang Anda inginkan. Tidak heran jika sekarang ini masyarakat Indonesia sangat semangat mencari berbagai jenis mobil yang dijual dengan harga yang terjangkau, meski pun itu harus membeli yang second. Ketika Anda membeli mobil bekas atau second, maka perhatikanlah bagian mesin mobil apakah masih dalam keadaan yang baik dan kualitasnya masih terjaga atau tidak. Bagi pemula, pastinya hal ini akan sedikit sulit untuk diidentifikasikan, namun nyatanya ada beberapa cara yang membuat Anda dapat mengetahui kondisi dari mesin yang masih memiliki kualitas baik, yakni dengan mengetahui ciri-cirinya. Berikut inilah beberapa ciri-ciri dari mesin yang masih berkualitas yang harus Anda ketahui sebelum membeli mobil tersebut secara second:

Inilah Ciri-ciri Mesin Mobil yang Tergolong Masih Baik dan Berkualitas yang Harus Anda Ketahui   

  • Suara Halus

Ciri pertama yang menunjukkan bahwa mesin dari mobil yang akan Anda beli masih berkualitas dan sangat baik adalah dari suara yang dikeluarkan mesin tersebut. Yang berkualitas pastinya mengeluarkan suara yang tidak terlalu keras serta terkesan halus, serta selalu konstan ketika mesin dihidupkan. Anda bisa membawanya atau mencobanya di tempat yang sunyi kemudian hidupkan selama 5 menit sambil membuka serta menutup kap dari mobil tersebut. Jika mengeluarkan suara tersendat, maka keadaan mesin sudah tidak baik lagi. 

  • Tidak Ada Kebocoran

Selanjutnya, mesin mobil yang masih berkualitas baik biasanya tidak mengalami kebocoran pada beberapa bagian tertentu, seperti misalnya pada bagian bahan bakarnya, oli dan lain sebagainya. Pastikan juga jika mur serta baut yang ada pada mesin masih terpasang dengan kencang dan juga kondisinya baik. jika Anda melihat adanya rembesan cairan pada mesinnya, maka hal tersebut menunjukkan bahwa bagian mesin tersebut sudah pernah mengalami kerusakan mau pun masalah. 

  • Ujung Knalpot Bersih

Memang hal ini sangat sepele, namun pastikan jika bagian ujung dari knalpot mobil masih bersih atau berwarna seperti coklat kemerahan ketika Anda sudah menggunakannya dalam beberapa menit. Hal tersebut menandakan bahwa kondisi mesin masih baik dan prima karena campuran antara udara dan juga bahan bakar di ruang pembakarannya berlangsung dengan baik dan stabil, hal tersebut juga menunjukkan bahwa mobil memiliki komposisi yang tepat. 

  • Pindah Gigi dengan Cepat

Sebenarnya masih begitu banyak hal yang menunjukkan bahwa mesin mobil masih dalam keadaan yang prima, salah satunya adalah ketika menggunakannya, maka Anda dapat memindahkan giginya dengan mudah serta cepat. Mesin yang baik biasanya memungkinkan Anda memutar dengan cepat. Jika terasa sulit, maka hal tersebut menandakan bahwa kondisi mesin sudah tidak baik lagi, lebih baik jangan membeli mobil yang sudah mengalami hal tersebut.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *