Home » Onderdil Mobil » Inilah Komponen dan Spare Part Mobil yang Kerap Dilakukan Penggantian

Inilah Komponen dan Spare Part Mobil yang Kerap Dilakukan Penggantian

Perawatan kendaraan menjadi agenda wajib yang perlu dilakukan bagi semua pemilik kendaraan. Tujuan yang utama tentu saja untuk bisa menjaga selalu kondisi kendaraan di performa terbaiknya. Salah satu perawatan yang kerap ada adalah penggantian spare part mobil dimana memiliki waktu tertentu dan jadwal yang perlu dipatuhi agar semua komponennya bisa bekerja dengan maksimal. penggantian suku cadang yang terlambat akan bisa mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan sehingga harus diwaspadai.

Bagi Anda yang memiliki mobil, maka berikut ini beberapa komponen yang butuh penggantian dengan usia yang cukup cepat dan harus diganti berkala:

  • Oli mesin

Yang pertama dan utama adalah oli mesin yang berfungsi sebagai pelumas untuk menjaga agar keseluruhan mesin bisa bekerja tanpa benturan dan goresan. Oli juga memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin sehingga karena bebannya berat dalam kinerja maka perlu penggantian secara berkala. Untuk waktu penggantian, Anda bisa memperkirakan setelah 1.000 km pertama penggunaan kendaraan

  • Busi

Selanjutnya adalah busi yang berguna sebagai pemantik api sehingga pembakaran di dalam mesin mampu berjalan. Apabila kondisi busi nya telah kotor, maka perlu penggantian. Jangan hanya dibersihkan karena fungsi busi akan berkurang. Anda bisa mengganti spare part mobil busi dengan pemakaian 20.000 km sampai 50.000 km.

  • Aki

Bagian penting kendaraan yang juga tidak boleh dilewatkan adalah aki. Pasokan listrik yang berasal dari aki akan mampu membuat semua fungsi kendaraan bekerja dengan normal sehingga ketika aki masuk pada usia terakhirnya maka akan timbul masalah. Untuk itu, gantilah aki secara berkala ketika sudah masuk usia pakai 2 sampai 3 tahun.

Baca Juga: Daftar Harga Spare Part Mobil, April 2017

  • Kanvas rem dan kaki kendaraan

Fungsi rem tidak boleh dipandang dengan remeh. Penggunaannya dalam kondisi sehari-hari serta karena kondisi berkendara yang didominasi banyak pemberhentian akan membuat kanvas rem ini bekerja secara keras setiap harinya. Untuk itu, gantilah kanvas rem setiap 20.000 km dan cek juga bagian kaki kendaraannya.

  • Kanvas kopling

Kanvas kopling bertugas untuk membantu transfer tenaga mesin ke bagian roda. Kanvas kopling ini akan cepat habis lantaran kondisi jalanan yang kerap dihadapi oleh para pengemudi. Penggantian nya disarankan ketika masuk di usia 10.000 hingga 50.000 km sesuai kondisinya.

Itulah beberapa bagian komponen dan spare part mobil yang harus Anda perhatikan. Dengan adanya penggantian secara berkala dan perawatan rutin, maka performa mobil dalam berkendara pun akan semakin maksimal sehingga Anda bisa merasakan kenyamanan di jalanan saat berkendara. Untuk menambah kenyamanan, jangan lupa periksa bagian ban mobil dan gantilah ban tersebut ketika Anda sudah melihat kondisi ban yang tipis.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *