Home » Tips dan Trik » Inilah Masalah Pada Mesin Mobil yang Sering Sekali Terjadi

Inilah Masalah Pada Mesin Mobil yang Sering Sekali Terjadi

Kendaraan saat ini menggunakan berbagai jenis mesin agar dapat berjalan dengan baik dan juga dapat berjalan dengan kecepatan yang melebihi alat transportasi yang tidak memakai mesin tersebut. Namun, semua yang memakai mesin memang sangat rentan akan terjadinya kerusakan atau masalah-masalah lain yang ditimbulkan secara sengaja atau pun tidak sengaja oleh manusia. Para pemiliknya pun dituntut untuk selalu memperhatikan kondisi dari mesin kendaraannya tersebut dan merawatnya dengan baik. Jenis kendaraan yang saat ini sedang diminati di Indonesia adalah mobil karena mampu memberikan kenyamanan dan juga keamanan yang nyaris sempurna. Para pemilik kendaraan tersebut pun harus menjaga dan juga merawat mesin mobil mereka agar tidak terjadi masalah atau kerusakan yang dapat membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah jenis masalah yang sering terjadi pada mobil di Indonesia:

 Inilah Masalah Pada Mesin Mobil yang Sering Sekali Terjadi

  • Mesin Mengeluarkan Bunyi

Jika dalam keadaan baik, biasanya saat berjalan mesin tidak mengeluarkan suara sama sekali. Jika mesin mengeluarkan suara yang halus dan sangat kecil, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Namun jika sudah mengeluarkan bunyi yang cukup keras dan terjadi berkali-kali, maka hal tersebut tandanya ada masalah yang terjadi pada mobil Anda. bisa saja bagian Hydraulic Valve Adjuster-nya yang rusak, atau bagian Lobes atau Rocker Arm yang bermasalah. Bisa juga disebabkan karena pemilihan oli yang tidak tepat.

  • Mesin Tidak Mau Menyala

Jenis masalah yang satu ini merupakan yang paling banyak dialami oleh masyarakat Indonesia yang memiliki mobil. Hal tersebut sudah pasti ada yang bermasalah pada mesin mobil Anda. Kemungkinannya adalah bagian terminal Accu mengalami korosi, tegangan pada Accu tidak cukup bahkan bisa juga disebabkan karena Accu-nya mati dan rusak. Selain itu, bisa juga disebabkan karena listrik yang terputus, kunci kontak mengalami masalah, motor starter-nya mengalami masalah, Flywheel patah, dan saluran negatif Accu pada mesin lepas atau mengalami gangguan.

  • Mesin Terasa Bergetar

Masalah lainnya yang juga sering terjadi adalah mobil yang terasa lebih bergetar kencang dibanding biasanya. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, yakni:

  • Bagian filter bensin mengalami penyumbatan.
  • Ada masalah pada bagian Fuel Pump.
  • Ventilasi pada tangki bensin mengalami penyumbatan.
  • Karburator mengalami masalah.
  • Fuel Injection atau sistem injeksi mengalami masalah.
  • Vacuum pada karburator mengalami kebocoran.
  • Mesin Berputar tapi Tidak Hidup

Masalah terakhir yang juga paling sering terjadi pada mesin mobil yang ada di Indonesia adalah mesin yang tidak mau menyala, namun mesin tersebut sudah berputar. Hal tersebut bisa disebabkan karena bensin yang sudah habis, Accu sudah soak, kabel pada Accu mengendur, adanya masalah pada komponen pengapian, arus listriknya terganggu, busi mengalami kerusakan, gap busi terlalu renggang, ada masalah pada bagian Chokde dan masalah mekanik.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *