Home » Perawatan Mobil » Inilah Tips Perawatan Mesin Mobil yang Mudah untuk Dilakukan

Inilah Tips Perawatan Mesin Mobil yang Mudah untuk Dilakukan

Bagian atau komponen mobil membutuhkan perawatan yang tepat sehingga akan tetap awet. Sehingga perlu untuk merawat dengan cara membersihkan, melakukan service dengan teratur, dan juga memperhatikan penggunaan sehari-hari sehingga akan membuat mobil tetap nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu bagian mobil yang perlu dirawat dan diberi perhatian khusus adalah mesin mobil yang merupakan komponen utama dalam mobil. Sehingga apabila mesin kendaraan ini awet dan tidak mempunyai kendala apapun nantinya akan tetap nyaman selama digunakan. Untuk merawat mesin tersebut juga bisa dengan mudah yaitu memperhatikan penggunaan mobil sehari-hari. Seperti misalnya cara merawat mesin pada mobil yang mudah dilakukan adalah:

 Inilah Tips Perawatan Mesin Mobil yang Mudah untuk Dilakukan

  • Memilih bahan bakar yang tepat

Tips pertama yang harus diperhatikan untuk merawat mesin pada kendaraan adalah dengan memilih bahan bakar yang akan digunakan. Pemilihan bahan bakar ini memang penting karena selain akan mempengaruhi pengeluaran juga keawetan dari mesin pada mobil. Oleh karena itulah Anda harus memilih bahan bakar yang tepat dan juga berkualitas. Untuk memilih bahan bakar yang tepat bisa untuk memperhatikan saran dari pabrikan dan juga nilai oktan atau besarnya tekanan yang diberikan sebelum bahan bakar. Semakin tinggi nilai oktan yang ada akan membuat lambat terbakarnya bahan bakar sehingga akan membuat kerja mesin lebih mudah.

  • Panaskan mobil sebelum digunakan

Langkah mudah untuk melakukan perawatan mesin mobil adalah dengan memanaskannya terlebih dahulu sebelum akhirnya digunakan. Hal ini harus dilakukan oleh semua kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor. Panaskan mobil terlebih dahulu sebelum akan digunakan dan juga pastikan untuk mengecek kondisi bannya sehingga akan nyaman selama digunakan. Lakukan pemanasan tersebut selama kurang lebih 10 menit dan bisa untuk mematikan AC agar juga lebih hemat bahan bakar.

  • Mengganti Oli mobil

Tips lainnya untuk merawat bagian mesin pada mobil adalah dengan mengganti oli secara teratur. Dimana oli merupakan komponen pendukung yang penting untuk membuat performa mobil tetap maksimal dan nyaman digunakan. Oleh karena itulah penting untuk mengganti oli mobil apabila sudah waktunya yaitu apabila sudah menempuh jarak dari 3000 hingga 5000 km. Pilihlah jenis oli yang terbaik agar membuat mesin tetap awet dan nyaman digunakan.

  • Mengecek cairan radiator

Dan tips terakhir untuk merawat mesin mobil adalah dengan mengecek coolant atau radiator secara rutin. Radiator mempunyai fungsi untuk menetralkan panas yang ada di dalam mobil sehingga mencegah terjadinya overheat ketika mobil digunakan. Jangan biarkan air radiator hingga kosong karena nantinya hal tersebut akan membuat mesin lebih mudah rusak dan juga bisa berbahaya untuk pengemudi mobil. Oleh karena itulah pastikan untuk mengecek air radiator secara berkala.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *