Home » Tips dan Trik » Intip Penyebab Utama Kerusakan Mesin Mobil dari 4 Warna Asap Knalpot Berikut Ini!

Intip Penyebab Utama Kerusakan Mesin Mobil dari 4 Warna Asap Knalpot Berikut Ini!

Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling banyak digunakan salah ini karena dinilai lebih dari segi kenyamanannya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa mobil juga rentan mengalami kerusakan terutama jika tidak digunakan dengan baik dan Anda selalu telat dalam melakukan proses perawatan. Kerusakan mobil sebenarnya dapat Anda kenali melalui warna asap knalpot yang dapat dijadikan sebagai tanda kerusakan yang sedang terjadi. Hal ini dikarenakan pada jenis mobil yang sehat dan normal seharusnya asap knalpot tidak memiliki warna apapun.

Intip Penyebab Utama Kerusakan Mesin Mobil dari 4 Warna Asap Knalpot Berikut Ini!   

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan asap knalpot menjadi mengeluarkan warna, namun kondisi tersebut dapat dipastikan sebagai gejala atau tanda bawah salah satu komponen di dalam mobil mengalami kerusakan. Untuk itu, berikut ini akan kita bahas 4 warna dari asap knalpot mobil yang paling sering terjadi, antara lain:  

  1. Asap knalpot berwarna putih. Jika kondisinya asap berwarna putih tersebut terbilang tipis, maka Anda tidak perlu khawatir karena mobil masih normal, namun jika yang dikeluarkan adalah asap putih tebal, maka kemungkinan oli yang masuk ke ruang pembakaran telah mengalami kebocoran dan sebaiknya Anda segera membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.
  2. Asap knalpot berwarna abu-abu. Umumnya jika mobil mengeluarkan asap yang berwarna abu, maka dapat dipastikan bagian katup PCV mengalami macet sehingga kontrol uap dan gas tidak dapat berjalan dengan baik.
  3. Asap berwarna kebiruan. Sedangkan jika warna asap knalpot mobil menjadi biru, maka hal tersebut adalah tanda bahwa ada cairan oli yang bocor dan terbakar didalam mesin atau juga dapat sebagai tanda bahwa komponen blower maupun turbo mobil yang sudah tiba waktunya untuk diganti.
  4. Asap knalpot berwarna hitam. Jika kondisinya mobil Anda mengeluarkan asap knalpot yang berwarna hitam, maka hal ini memang bahwa adanya gangguan pada sistem pembakaran yang menjadi tidak sempurna sehingga sisa pembakaran ikut keluar melalui knalpot.

Setelah mengetahui apa saja jenis warna asap dan kerusakan yang dapat terjadi dengan tanda warna asap tersebut, maka sebaiknya apapun jenis asap mobil Anda, segera bawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan secepatnya. Hal ini penting karena beberapa tanda kerusakan seperti di atas dapat menjadi lebih parah dan merugikan Anda seperti penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros atau Anda perlu mengganti komponen serta kerusakan lainnya. 

Itulah ulasan mengenai penyebab utama kerusakan mesin mobil yang dapat Anda tandai dari 4 jenis warna asap knalpot mobil seperti di atas. Anda dapat menjadikannya referensi jika salah satu kondisi tersebut terjadi pada mobil Anda agar bisa segera melakukan tindakan perbaikan secepat mungkin supaya tidak terjadi hal lain yang semakin merugikan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *