Home » Tips dan Trik » Jaga AC Mobil Tetap Dingin dengan Tips Berikut Ini!

Jaga AC Mobil Tetap Dingin dengan Tips Berikut Ini!

Mobil merupakan kendaraan yang banyak jadi pilihan masyarakat kebanyakan saat ini. Memang mobil selalu mampu memberikan kenyamanan lebih sehingga tak heran jika kebutuhan akan mobil saat ini di pasaran memang bisa dibilang cukup meningkat. Salah satu fitur yang sangat membantu pengguna mobil adalah dengan adanya AC mobil. Penyejuk udara di mobil ini akan membantu para penumpang di mobil untuk nyaman berkendara tanpa harus merasa kepanasan.

Hampir setiap pengendara mobil umumnya selalu menyalakan AC di mobilnya. Hal ini lantaran dibanding menghirup udara luar yang berpolusi, maka menyalakan AC lebih dipilih sehingga udara di dalam kabin tetap dingin tanpa perlu menghirup polusi dari luar. Namun karena seringnya dipergunakan, tak heran jika kinerja AC ini kadang menjadi kurang bagus sehingga perawatan yang intensif tentu amat dibutuhkan. Jika tak dirawat, seringkali AC mengeluarkan bunyi berisik atau bahkan mampu mengeluarkan bau yang tak sedap.

Jika Anda ingin AC di mobil bisa tetap dingin, maka berikut ini beberapa perawatan yang perlu dilakukan:

Baca Juga:Begini Cara Merawat AC Mobil Agar Dinginnya Tetap Terjaga

  • Pertama adalah jaga kebersihan dari lantai atau karpet mobil dimana kebersihan dari lantai mobil ini bisa menjadikan udara di dalam kabin mobil pun ikut bersih. Dengan cara ini maka filter di dalam AC pun tidak terlalu bekerja keras menyaring udaranya.
  • Ketika mencuci mobil, cobalah buka kap mesin lalu semprot air kencang di bagian condensor AC sehingga debu atau kotoran menempel bisa dihilangkan yang biasa membuat korosi di bagian itu.
  • Jika Anda menempuh perjalanan cukup jauh, maka jangan hidupkan AC mobil terus menerus. Sesekali matikan AC selama beberapa saat dan hidupkan lagi dengan cara ini maka pembekuan di AC akan bisa diminimalisir.
  • Dalam mencari parkir pun Anda harus cerdas yakni parkir di tempat teduh. Biasanya jika parkir di kondisi panas, maka kabin pun akan ikut panas sehingga ketika menyalakan AC maka AC akan bekerja terlalu keras untuk bisa mendinginkan ruangan kabin mobil.
  • Pastikan jika extra fan kipas yang ada di depan condensor bisa selalu hidup saat AC hidup juga. Extra fan mati akan membuat kompresor beresiko rusak jika AC-nya dalam kondisi hidup dan bahkan parahnya bisa membuat AC mudah meledak.
  • Hindari merokok di mobil karena asap rokok ini mampu mengotori evaporator dimana nikotin lengket serta berlendir sehingga nantinya akan bisa menjadikan bau yang tidak mudah hilang.

Untuk menjaga AC mobil tetap terjaga, pastikan juga jika Anda selalu menyervis AC tersebut secara berkala. Jangan lupa juga untuk selalu mematikan AC jika akan mematikan mobil dan kondisi AC juga harus mati ketika mobil dinyalakan. Dengan begitu AC Anda akan tetap awet dan tahan lama.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *