Home » Perawatan Mobil » Jangan Dianggap Sepele, Perawatan Mobil yang Satu Ini Harus Anda Terapkan juga

Jangan Dianggap Sepele, Perawatan Mobil yang Satu Ini Harus Anda Terapkan juga

Bagian-bagian mobil memang begitu banyak dan Anda pun sebagai pemiliknya memang selalu dituntut untuk dapat menjaga, merawat dan juga menggunakan mobil tersebut dengan baik dan benar agar mobil bisa dipakai untuk waktu yang lama tanpa ada masalah yang terjadi pada kendaraan tersebut. Sebenarnya, semua bagian mobil adalah penting, jadi Anda tidak boleh sampai melewatkan satu pun bagian untuk dirawat. Biasanya, para pemilik mobil hanya berfokuskan pada mesin saja atau bagian luar mobil. Namun, sebenarnya berbagai bagian kecil dari mobil juga harus Anda perhatikan dan rawat dengan baik. Jika Anda memberikan perawatan mobil secara menyeluruh setiap harinya, sudah dapat dipastikan jika kendaraan tersebut bisa Anda gunakan dalam waktu yang lama dan juga tidak menguras dompet Anda hanya untuk biaya perbaikannya saja. Berikut ini adalah beberapa hal yang sering dilupakan dan juga jarang diterapkan oleh para pemilik mobil di Indonesia:

Jangan Dianggap Sepele, Perawatan Mobil yang Satu Ini Harus Anda Terapkan juga

  • Knalpot

Bagian dari mobil pertama yang memang sering dilupakan para pemiliknya untuk dirawat adalah knalpot mobil. Padahal, bagian ini sangat krusial sekali dan rentan akan terjadinya kerusakan jika tidak diperhatikan dan dirawat dalam waktu yang lama. Untuk itu, Anda harus selalu memastikan agar jangan sampai ada yang menyumbat knalpot tersebut agar aliran udara yang akan dikeluarkan oleh mesin mobil akan tetap berjalan dengan baik. Dengan demikian, pastinya mesin mobil Anda juga akan tetap sehat.

  • Ban

Kebanyakan dari pemilik mobil pastinya malas untuk mengecek kondisi dan keadaan ban mereka terutama jika sekilas mereka lihat ban tersebut dalam keadaan yang baik. Nyatanya, kondisi ban sangat penting sekali ketika mobil sedang berjalan. Jika ada yang salah terjadi pada ban Anda, maka keselamatan Andalah yang dipertaruhkan. Selalu ingat untuk memberikan perawatan mobil yang baik dan benar pada setiap bagiannya, termasuk ban. Jangan sampai jika sudah timbul masalah barulah Anda perhatikan. 

  • Lampu

Bagian lainnya yang kerap juga disepelekan oleh para pemilik mobil adalah lampunya. Kebanyakan dari mereka biasanya sudah yakin bahwa lampu bukanlah suatu bagian krusial yang harus dicek setiap harinya. Hal tersebut pastinya adalah salah, karena lampu tersebut sangat penting sebagai penanda ketika sedang menyetir atau pun sebagai penerang jalan di kala hari sudah gelap. Jika terjadi kerusakan, pastinya akan mempengaruhi kenyamanan dan juga keamanan Anda.

  • Wiper

Perawatan mobil yang kerap dilupakan oleh pemiliknya adalah merawat wiper. Bagian ini nyatanya sangat penting untuk diperiksa secara berkala karena benda ini sangat berguna ketika hujan turun dan dapat membuat kaca dari mobil tersebut akan selalu bersih dan bening. Saat hujan turun, Anda pun masih bisa melihat jika menggunakan alat ini. Akan sangat berbahaya jika benda ini rusak.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *