Home » Onderdil Mobil » Jangan Khawatir, Berikut Cara Mudah Balik Nama Tanpa Denda Pajak Motor

Jangan Khawatir, Berikut Cara Mudah Balik Nama Tanpa Denda Pajak Motor

Bagi sebagian orang, beranggapan bahwa untuk ganti nama atau balik nama kendaraan bermotor itu sulit karena banyak sekali tahapan yang harus dilalui dan banyak orang yang beranggapan bahwa biaya balik nama motor itu mahal. Namun, apakah benar bahwa proses balik nama itu sulit. Kemudian, bagaimana sih proses balik nama motor atau kendaraan? Ya, untuk proses balik nama itu dibagi menjadi tiga tahapan. Tahapan pertama adalah kelengkapan administrasi, di mana ia harus membawa berkas-berkas yang diperlukan. Berkas-berkas yang dibawa antara lain adalah kwitansi jual beli dan materai. Lampirkan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Keterangan Bermotor. Terakhir adalah KTP pembeli atau yang ingin diatasnamakan.

Pada tahap kedua, motor dibawa ke Samsat untuk dilakukan pengecekan fisik. Ya, pada tahap ini akan dilakukan pengecekan baik pada nomor rangka maupun nomor mesin, di mana untuk nomor langka pada setiap motor berbeda-beda, ada yang berada pada dekat jok motor, ada yang berada pada leher motor, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pada nomor mesin, ia terletak pada bawah mesin dari masing-masing motor. Lanjut pada cek fisik, di mana ia menggunakan pensil dan lakban kertas. Lakban ditempelkan, baik di atas nomor rangka maupun nomor mesin, kemudian ia akan dijiplak dan digosok menggunakan pensil tersebut. Setelah melakukan kedua hal tersebut, hal ketiga adalah mengecek apakah nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada motor sama dengan yang tertera pada BPKB. Apabila ada satu saja angka yang berbeda, maka itu merupakan satu kesalahan dan Anda tidak bisa melakukan balik nama dari motor Anda. Durasi atau lama waktu dari cek fisik ini tergantung dari antreannya. Apabila tidak mengantre, maka pengecekan fisik akan memakan waktu 5 menit.

Langkah ketiga adalah memasukkan berkas-berkas tadi ke loket arsip untuk nantinya mendapatkan nomor antrean. Kemudian, Anda menunggu hingga nama Anda dipanggil oleh petugas. Lalu, Anda dipersilakan untuk mengisi formulir dengan lengkap. Ingat ya, lengkap agar nantinya Anda tidak bolak-balik untuk antre dari awal kembali. Kemudian, serahkan formulir tersebut di loket perubahan dan tunggu sampai nama Anda dipanggil ke tahap selanjutnya. Setelah berkas diterima dari loket registrasi dan pengecekan STNK, maka Anda akan mendapatkan jadwal pengambilan STNK dan juga pembayaran pajak, yang biasanya adalah keesokan harinya. Dan setelah tiba jadwal pembayaran, silakan bayarkan biaya pajak dan biaya balik nama. Lalu, Anda akan mendapatkan STNK baru atas nama Anda sendiri.

Biaya yang harus dikeluarkan apabila ingin melakukan balik nama ada 6 biaya yang totalnya antara 500-800 ribu rupiah yang akan disesuaikan dengan pajak motor Anda. Biaya ini belum termasuk denda pajak motor jika ada keterlembatan ya. Sebagai contoh, motor A dengan pajak kendaraan bermotor sebesar 300 ribu, maka biaya pertama yang harus dikeluarkan adalah biaya bea balik nama kendaraan bermotor (BBN KB) dengan rumus 2/3 x PKB, di mana pada kasus ini maka saya harus membayar BBN KB sebesar Rp200.000. Biaya kedua adalah sumbangan wajib dana kecelakaan lalu-lintas jalan (SWDKLLJ) yang berjumlah Rp35.000 untuk motor di bawah 250 CC. Ketiga adalah biaya administrasi STNK sebesar Rp25.000. Keempat adalah biaya administrasi tanda nomor kendaraan bermotor (TKNB) sebesar Rp60.000. Terakhir adalah biaya pendaftaran balik nama motor yang berkisar antara Rp75.000 hingga Rp100.000 tergantung oleh Samsat masing-masing.

Bagaimana guys? Mudah bukan mengurus dan membayar balik nama kendaraan Anda?

Sumber gambar: duckduckgo.com

Baca juga di siniĀ https://review.bukalapak.com/amp/auto/cara-balik-nama-motor-ini-syarat-dan-biaya-yang-harus-dikeluarkan-67059

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *