Home » Onderdil Mobil » Jangan Lupa Balik Nama Setelah Membeli Mobil Bekas di Bandung!

Jangan Lupa Balik Nama Setelah Membeli Mobil Bekas di Bandung!

Balik nama mobil adalah suatu proses yang perlu dilakukan setelah membeli mobil bekas. Hal ini diperlukan karena setiap tahunnya Anda harus membayar pajak kendaraan. Apabila Anda membeli mobil bekas, pastilah Anda harus meminjam KTP pemilik kendaraan sebelumnya untuk dicocokan ketika akan melakukan pembayaran pajak tahunan.

 

Akan tetapi, tidak mungkin juga kalau Anda terus meminjam KTP Si Pemilik mobil sebelumnya setiap tahun. Agar Anda tidak terus-menerus meminjam KTP pemiliki mobil sebelumnya, Anda harus melakukan balik nama mobil. Balik nama mobil ini sebenarnya sangat mudah, hanya saja Anda perlu tahu apa saja syarat balik nama mobil dan bagaimana prosedurnya.

 

Berikut ini akan dijelaskan apa saja syarat dan bagaimana prosedur balik nama mobil di SAMSAT Kawaluyaan Bandung.

 

Bagi sebagian orang, proses balik nama mobil ini memang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Akan tetapi, hasilnya akan memuaskan dibandingkan Anda harus bolak-balik meminjam KTP pemilik mobil sebelumnya ketika ingin membayar pajak atau memperpanjang STNK.

 

Jika sudah balik nama, maka mobil bekas yang Anda beli sudah sah menjadi atas nama Anda pribadi. Selain mobil tersebut sudah resmi atas nama Anda sebagai pemiliknya, balik nama ini tentunya akan mempermudah Anda ketika ingin membayar pajak tahunan mobil.

 

Nah, ketika Anda hendak pergi mengurus balik nama mobil, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan berkas secara lengkap. Berkas-berkas tersebut meliputi:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi pemilik mobil yang baru (3 lembar)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi (3 lembar)
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi (3 lembar)
  • Kwitansi jual beli kendaraan yang telah ditandatangani di atas materai Rp6.000

 

Jika berkas-berkas tersebut sudah dilengkapi, Anda bisa datang ke SAMSAT dengan membawa mobil yang akan dibalik nama untuk cek fisik. Ketika sampai di SAMSAT, Anda harus memarkirkan mobil yang akan dibalik nama ke lajur cek fisik. Anda tidak perlu khawatir, di sana Anda juga akan diarahkan oleh petugas. Pengecekan fisik mobil yang dilakukan meliputi nomor mesin mobil dengan cara menggosokkan stiker dan nomor rangka.

 

Ketika pengecekan fisik mobil, Anda juga akan diberikan formulir, yang mana formulir tersebut harus Anda isi sesuai dengan data mobil yang tertera di STNK. Jika Anda sudah selesai mengisi formulir tersebut, serahkan formulir beserta STNK asli kepada petugas SAMSAT. Lalu, tunggu beberapa menit sampai nama Anda dipanggil oleh petugas. Tapi perlu Anda perhatikan bahwa nama yang akan dipanggil adalah nama yang tertulis di STNK.

 

Saat dipanggil oleh petugas, Anda juga harus menyerahkan berkas seperti STNK, KTP, BPKB, kwitansi, dan bukti cek fisik yang sebelumnya sudah disiapkan. Jika berkasnya telah selesai dicek oleh petugas, Anda akan diminta untuk menyerahkan BPKB asli. Selanjutnya Anda tinggal menunggu petugas memanggil nama Anda. Kali ini, nama yang dipanggil adalah nama Si Pemilik mobil baru.

 

Setelah nama Anda dipanggil oleh petugas, maka ambil semua berkas yang tadi dan serahkan ke loket yang ditujukan untuk mengurus proses balik nama ini. Selanjutnya, tunggulah sampai petugas memanggil Anda dan ambil berkasnya kembali. Lalu, serahkan berkas tersebut ke loket awal. Nantinya Anda akan diberikan lampiran biaya yang harus dibayarkan untuk biaya balik nama mobil tersebut.

 

Bayarlah biaya balik nama tersebut sesuai dengan nominal yang tertera di tagihan. Namun, jika Anda belum membayar pajak, maka Anda juga akan diminta untuk membayar pajak sekaligus. Pastilah biayanya sangat mahal jika dibarengi dengan biaya pajak mobil. Setelah itu, tunggu sampai petugas selesai memproses pembayaran balik nama mobil Anda.

 

Setelah petugas selesai memproses pembayaran balik nama mobil Anda, maka Anda akan mendapat cap lunas serta tanda terima dari berkas yang dikumpulkan tersebut. Lalu, STNK asli atas nama pemilik baru akan selesai dibuat. Namun, tidak sampai di situ saja. Anda juga harus mengurus balik nama BPKB mobil Anda ke Polda setempat.

 

Sekiranya, itulah syarat dan gambaran prosedur yang harus Anda lalui untuk melakukan balik nama mobil bekas yang baru Anda beli. Cukup membantu, bukan?

 

 

Sumber gambar:

moneysmart.id

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *