Home » Tips dan Trik » Jangan Tinggalkan 5 Benda ini Begitu Saja Agar Mobil Tidak Meledak

Jangan Tinggalkan 5 Benda ini Begitu Saja Agar Mobil Tidak Meledak

Sudah banyak ditemui kasus mobil meledak. Bahkan, kejadian tersebut juga bisa terjadi saat mobil diparkirkan. Pemicu beragam, salah satunya ialah dari Benda-benda yang dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan meninggalkan benda-benda yang berpotensi terbakar jika diletakkan terlalu lama di dalam mobil. Simak benda-benda yang sebaiknya tidak ditinggalkan begitu saja di dalam mobil berikut ini.

Jangan Tinggalkan 5 Benda ini Begitu Saja Agar Mobil Tidak Meledak

  1. Kacamata

Saat berada di sekolah dasar pasti Anda pernah melakukan eksperimen membuat api dengan menggunakan lup dan sinar matahari. Ternyata, Selain lup, kacamata juga bisa memusatkan sinar matahari ke tempat kecil dan cahaya yang kuat bisa dengan mudah menyulut api. Oleh karena itu, meninggalkan kacamata di dalam mobil sangat tidak disarankan mengingat potensinya terkena sinar matahari langsung. Risiko yang sama juga berlaku untuk kaca pembesar dan segala bentuk lensa.

  1. Ponsel dan Tablet

Baterai pada alat elektronik ponsel dan tablet bisa rusak oleh temperatur tinggi yang ada di dalam mobil. Selain membuat berkurangnya masa pakai baterai, hal itu juga bisa menyebabkan ponsel meledak jika suhunya terlalu tinggi.

  1. Powerbank

Meskipun saat ini Powerbank menjadi kebutuhan agar gadget tetap aktif, menyimpannya di dalam merupakan hal yang berbahaya. Power bank berpotensi meledak jika berada dalam suhu tinggi mobil dalam jangka waktu lama hingga memungkinkan mobil meledak.

Selain itu, pengguna gadget disarankan untuk tidak meletakkan powerbank di tempat yang terkena matahari atau panas berlebih. Misalnya di atas dashboard mobil, atau di dalam mobil yang terjemur. Hal tersebut dikarenakan terdapat berlapis-lapis bahan katoda dan anoda yang berjarak sangat tipis di dalam baterai lithium-ion. Ketika terjadi panas berlebih, bahan ini akan memuai dan saling menempel sehingga menimbulkan korslet, seperti kita mempertemukan kutub positif dan negatif baterai.

Meskipun tidak terbakar, namun tetap saja powerbank yang terkena panas akan mudah rusak. Karena panas yang berlebih akan menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan gas berlebih, efeknya pun sering terlihat pada baterai yang menjadi kembung.

  1. Kaleng Minuman Soda

Kaleng sendiri sudah memiliki tekanan tinggi dari gas di dalamnya. Ditambah dengan panas dan berada dibawah tekanan yang sangat besar, kaleng itu bisa meledak. Selain itu, kaleng minuman soda yang sudah dibuka juga tidak disarankan ditinggal di dalam mobil. Hal itu bisa menarik perhatian serangga atau hewan yang merugikan lainnya.

  1. Korek Api

Korek api biasa dibawa kemana-mana oleh Perokok. Begitu juga saat mengendarai mobil. Tapi, jika membawa korek api kedalam mobil, jangan lupa untuk membawanya kembali jika Anda keluar. Karena, Korek api mengandung cairan yang sangat mudah terbakar. Api bisa saja menyala jika korek api ditinggal di dalam mobil dengan suhu tinggi dan terpapar terik matahari.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *