Home » Tips dan Trik » Jenis-Jenis Fitur Mobil Yang Menjaga Keselamatan Berkendara

Jenis-Jenis Fitur Mobil Yang Menjaga Keselamatan Berkendara

Salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan para pengendara adalah keselamatan. Oleh sebab itu penting memilih jenis mobil yang memberikan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Jangan hanya mempertimbangkan body yang menawan namun perhatikan juga fitur mobil yang ada di dalamnya.

Para perusahaan mobil tidak berhenti melakukan inovasi dalam menciptakan beragam fitur keselamatan, baik yang sifatnya aktif maupun pasif. Dengan kemajuan teknologi di dunia otomotif seperti sekarang ini, sudah banyak jenis fitur yang menjadikan mobil lebih pandai. Fitur mobil yang disediakan beragam, tergantung jenis mobil dan harga mobil. Lebih jelasnya kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis fitur yang digunakan untuk menjamin/ membantu keselamatan saat berkendaraan menggunakan mobil.

Fitur Airbag

Airbag merupakan fitur yang fungsinya melindungi pengemudi jika terjadi kecelakaan. Biasanya fitur ini banyak digunakan oleh para produsen mobil. Fitur ini berbentuk kantung dengan bahan khusus yang bisa mengembang jika sensor menditeksi akan terjadi kecelakaan. Dengan fitur ini pengemudi akan terhindar dari luka-luka.

Penempatan fitur ini ada yang didepan pengemudi, didepan kaki pengemudi, disamping penumpang, di jok mobil atau di pilar pintu mobil.

Rangka Mobil

Rangka mobil masuk ke dalam jenis fitur keselamatan penumpang. Fungsinya tidak hanya memberikan ruang bagi penumpang, namun lebih dari itu rangka merupakan salah satu komponen yang penting untuk menjaga keselamatan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Aksesoris Mobil Membuat Tampilan Lebih Menarik

Crumple Zone

Crumple zone merupakan fitur yang melindungi pengemudi dan penumpang yang duduk di depan maupun belakang mobil. Fitur keselamatan ini jarang dipromosikan oleh sales mobil, namun sebaiknya Anda jangan segan bertanya mengenai fitur keselamatan jenis pasif ini. Fitur ini umumnya terdapat pada bagian depan dan belakang.

Safety Belt

Safety belt atau sabuk pengaman fungsinya untuk menahan pengemudi dan penumpang tetap dalam kondisi dan posisi aman jika terjadi tabrakan atau pengereman mendadak. Hampir semua jenis mobil dilengkapi safety belt dan diletakkan di semua kursi penumpang. Walaupun sederhana fitur ini sangat penting dan memiliki kinerja yang lumayan baik.

Ada beberapa jenis safety belt, ada yang dapat menencang atau mengendur dengan sendirinya. Sekarang bahkan ada jenis sabuk pengaman yang lebih canggih dan modern yang fungsinya berjalan denan baik. Sebaiknya cek selalu kondisi safety belt apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Anti Lock Breaking System

ABS merupakan fitur keselamatan mobil yang fungsinya sebagai pengatur rem mobil. Jenis fitur aktif ini melindungi rem dari penguncian roda walau pedal rem diinjak sekuat mungkin. Apabila rem mengunci bagian roda saja bisa menyebabkan mobil kehilangan traksinya dan susah dijalankan. Pada sistem fitur mobil keamanan ini (ABS) terdapat sensor aktif yang dapat membaca perputaran roda.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *