Home » Tips dan Trik » Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Bahan Bakar yang Digunakan

Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Bahan Bakar yang Digunakan

Kebutuhan akan mobil di masyarakat semakin besar dengan semakin banyaknya jumlah penduduk yang memerlukan sarana transportasi. Namun selain itu angka penjualan mobil yang meningkat juga dipengaruhi oleh banyaknya jumlah mobil yang diproduksi dengan berbagai seri dan model. Jenis mobil juga dipengaruhi oleh mesin yang digunakannya. Pemilihan jenis mesin mobil akan mempengaruhi tipe mobil yang dibeli meski sekarang ini juga sudah ada mobil yang dibuat dengan beberapa jenis mesin. Berikut ini adalah jenis-jenis mesin yang dibedakan dari penggunaan bahan bakarnya untuk memudahkan Anda dalam memilih mobil dari mesinnya.

Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Bahan Bakar yang Digunakan 

  • Mesin diesel.

Mesin diesel merupakan mesin yang menggunakan bahan bakar solar dan bertenaga lebih kuat dibandingkan dengan jenis mesin yang lain. Karena tenaga yang dihasilkan lebih kuat, mesin jenis ini banyak digunakan untuk mobil-mobil niaga seperti pick-up, truck, bus, dan mobil bangunan lainnya. Selain bertenaga lebih besar, penggunaan solar juga membuat kebutuhan akan bahan bakar semakin hemat, karenanya sekarang mobil pribadi pun sudah banyak juga yang menggunakan mesin diesel sebagai mesinnya. 

  • Mesin bensin.

Mesin jenis ini banyak digunakan oleh semua jenis kendaraan. Bahan bakar yang mudah didapat serta suara yang minim dari mesin membuatnya menjadi mesin mobil pilihan untuk berbagai merk dan seri kendaraan. Meski lebih boros dibandingkan penggunaan bahan bakar diesel namun dengan bensin, suara menjadi lebih minim dan tarikan mobil menjadi lebih halus.

  • Mesin berbahan bakar gas.

Selain bahan bakar cair, sekarang ini juga sudah ada mobil yang menggunakan mesin dari bahan bakar gas LPG dan CNG. Dengan tenaga gas akan meminimalisir gas buangan yang tercipta oleh mesin sehingga lebih ramah lingkungan. 

  • Mesin listrik.

Satu lagi mesin untuk mobil yang saat ini mulai dikembangkan. Mesin listrik menggunakan tenaga listrik sebagai bahan bakarnya. Pada awalnya mesin harus dicharge terlebih dahulu hingga daya batrenya mencukupi untuk melakukan perjalanan dan jika habis harus dicharge kembali seperti pada penggunaan bahan bakar bensin. Namun dewasa ini mesin listrik sudah juga dilengkapi dengan panel tenaga surya sehingga mesin dapat langsung menyimpan energi ketika digunakan di siang hari. Selain itu di negara maju telah dibuat pom listrik yang digunakan untuk mencharger mesin yang menggunakan listrik.

Itulah jenis-jenis mesin mobil yang ada dipasaran saat ini. Bagi Anda yang saat ini sedang memilih jenis mobil apa yang akan dibeli, sebaiknya juga memikirkan jenis mesinnya sehingga memiliki mobil yang tepat guna dan bermanfaat. Pilihlah jenis mesin yang memberikan manfaat lebih dan sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga memberikan keuntungan lebih seperti pengiritan bahan bakar atau kenyamanan karena minimnya suara yang lebih Anda butuhkan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *