Home » Tips dan Trik » Jenis Mobil Berdasarkan Bentuknya dari Masa ke Masa

Jenis Mobil Berdasarkan Bentuknya dari Masa ke Masa

Mobil kini sudah bukan menjadi barang mewah lagi di Indonesia. Dengan semakin mudahnya cara untuk mendapatkan kreditan mobil, kini banyak masyarakat semua kalangan memiliki mobil untuk berbagai keperluan. Berbagai jenis dan type mobil bisa Anda lihat di Indonesia ini mulai dari mobil untuk keluarga, berniaga hingga mobil mewah untuk keperluan sport. Namun bagaimanakah jenis mobil dari awal terciptanya dahulu? Berikut ini adalah beberapa jenis kendaraan roda empat dari masa ke masa yang perlu Anda ketahui.

Jika Anda pernah melihat di tayangan televisi untuk film-film jaman dahulu, pastinya Anda mengenal sebuah mobil dengan bentuk atap yang dapat dilipat ke belakang. Bahan atap terbuat dari semacam kain terpal yang tahan air. Jenis ini disebut sebagai mobil Convertible. Di masanya, hanya kaum bangsawan dan konglomeratlah yang memiliki mobil seperti ini karena memang dibuat dengan jumlah yang masih sangat sedikit dan berharga sangat mahal. Satu lagi varian mobil kuno adalah mobil Coupe yang memiliki ciri 2 buah pintu dengan 2 buah kursi penumpang. Namun ada juga mobil coupe yang memiliki 4 kursi penumpang dengan 2 pintu seperti pada mobil milik Mr. Bean.

Mobil kelas menengah saat ini ada yang memiliki tipe Hatback yaitu dengan ciri adanya pintu tambahan yang menghubungkan kursi penumpang dengan ruang kargo atau bagasi. Dengan adanya pintu ini maka penumpang bisa tanpa keluar dari mobil untuk mengambil barang di ruang kargo. Jenis mobil ini cukup jarang digunakan di Indonesia namun ada beberapa variannya yang memang memiliki harga lebih tinggi. Sedangkan type mobil lain yang lebih populer adalah jenis Minivan dengan interior luas sehingga cukup lega untuk digunakan banyak orang. Jenis MPV, SUV dan sebagainya merajai jalanan Indonesia.

Baca Juga: Review Jenis Mobil Aston Martin: Aston Martin DB5

Jenis lainnya yang paling banyak digunakan untuk keperluan pribadi adalah mobil sedan. Mobil dengan ciri khas beratap rendah dan memiliki 2 atau 4 kursi penumpang ini bisa melesat dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan jenis minivan. Mobil dengan body kecil dan kecepatan yang lebih tinggi dari mobil-mobil lainnya adalah jenis sport yang biasanya menggunakan mesin kendaraan khusus sehingga bisa melesat dengan sangat cepat di jalan bebas hambatan.

Itulah beberapa jenis mobil dari masa ke masa yang juga pernah ada di Indonesia. Yang manakah type mobil Anda? apapun jenisnya, perawatan mobil tetap sama dan perlu dilakukan secara rutin agar Anda bukan hanya memiliki rangka mobil yang utuh namun juga kinerja mesin yang masih baik sehingga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dengan aman dan nyaman seperti ketika pertama kali membelinya. Mobil yang baik adalah mobil yang dengan mudah bisa dikendalikan serta memberikan rasa nyaman bagi penumpangnya.

 

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *