Home » Onderdil Mobil » Jimny Jangkrik, Mobil Suzuki 2018 yang Tangguh di Segala Medan

Jimny Jangkrik, Mobil Suzuki 2018 yang Tangguh di Segala Medan

Banyak pertimbangan dalam memilih mobil, mulai dari spesifikasi fitur, tipe mobil, sampai harga. Nah, harga Suzuki Jimny yang terjangkau sangat sesuai bagi anda yang menginginkan mobil tipe SUV tapi tidak ingin membuat kantong jebol.

Suzuki Jimny merupakan mobil yang legendaris dan sudah dikenal di pasar otomotif Internasional. Harga mobil ini dapat dikatakan murah, karena jika dibandingkan dengan mobil SUV terbaru lainnya, harga Suzuki Jimny 2018 dapat 20-30% lebih murah, yaitu sekitar Rp285.000.000-an.

Oleh sebab itu, kehadirannya di Indonesia sangat ditunggu-tunggu. Meskipun demikian, menurut kabar yang beredar keluaran mobil Suzuki 2018 ini hanya tersedia 88 unit.

Dengan jumlah unit yang terbatas, mobil off-road dengan design menarik ini semakin terlihat eksklusif dan semakin diburu oleh para pencinta mobil SUV.

Mobil Suzuki 2018 ini merupakan mobil generasi ketiga, setelah pertama kali diproduksi pada tahun 1970. Beragam perubahan dilakukan baik pada interior, eksterior, dan mesin.

Pada bagian eksterior terdapat head lamp multireflector, side reperater lamp, dan front fog lamp, yang memungkin mobil ini melewati jalan berkabut dan gelap pada malam hari. Selain itu, dengan fitur lampu yang lebih terang, mobil ini juga aman dikendarai meski hujan deras.

Selain itu, bagian eksterior juga dilengkapi dengan roof rails atau penyangga pada bagian atap mobil. Oleh sebab itu, memungkinkan melakukan perjalanan jauh dengan mengikat barang atau membuat roof rack pada bagian atap mobi.

Bagian dalam interior mobil dirancang minimalis tetapi modern dalam balutan warna hitam pada seluruh bagian dalam mobil. Engine ON/OFF, Power Stering, AC, Ventilasi AC Belakang, Power Outlet Speaker, dan Display Audio.

Suzuki Jimny 2018 memakai mesin Ertiga terbaru dengan kode K15B empat silinder berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini mampu menghasilkan performa mesin yang bagus. Namun, sayangnya mobil Suzuki 2018 ini hanya tersedia dalam tipe transmisi otomatis atau matic.

Lebih lanjut, design mobil yang kokoh memungkinkan mobil ini untuk melewati medan-medan sulit, dengan disertai beberapa teknik berkedara seperti yang akan dipaparkan berikut.

 

Melewati Tanjakan Terjal Dengan Permukaan yang Tidak Rata

Sebelum diluncurkan di Indonesia pada tahun 2018, mobil memang pertama kali digunakan untuk orang Jepang yang melewati jalan pegunungan dan teruji mampu melewati medan yang seperti itu.

Berangkat dari uji coba tersebut, kendaraan ini efektif untuk digunakan pada jalan yang memiliki permukaan tidak rata, termasuk melewati tanjakan yang terjal. Hal tersebut dapat dilakukan karena mobil ini memiliki desain ban dan bemper yang berbeda.

Ukuran ban yang cukup lebar, yaitu 205 / 70R15 dan kekuatan bemper membuat mobil ini memiliki daya cengkram yang kuat, sehingga dapat meminimalisasi selip dan mampu menaiki jalanan terjal. Meskipun tetap dibutuhkan keahlian dan pengalaman khusus untuk melewati jalan-jalan tersebut.

Misalnya dengan mengatur penggunaan gas dan kopling dengan benar. Dengan ritme perpindahan yang benar antara kopling dan gas, maka ban akan bekerja dengan baik untuk melalui jalan yang tersebut.

 

Melewati Jalanan Berlumpur

Mobil Jimny terbaru ini juga didesain untuk menakhlukkan jalanan berlumpur. Sama seperti melewati jalanan terjal dengan permukaan tidak rata, untuk melalui jalan berlumpur juga diperlukan beberapa teknik.

Teknik pertama mengukur kedalaman lumpur, bisa memakai kayu atau peralatan lain yang panjang. Kayu panjang kemudian dimasukan ke dalam lumpur hingga mentok, lalu tarik. Bekas lumpur yang menempel pada kayu menunjukkan kedalaman lumpur.

Setelah mengetahui kedalaman lumpur maka dapat menentukan strategi apa untuk melewatinya. Apabila kedalaman lumpur tidak tinggi terlalu tinggi dan mampu dilewati mobil, maka hal dapat dilakukan adalah memberikan pasir agar lumpur tidak terlalu licin, dan memindahkan porsneling ke gigi yang paling rendah.

Jika lumpur cukup tinggi maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah membuat alas kayu untuk tempat mobil lewat. Umumnya kayu yang digunakan kecil dan tipis, oleh sebab itu agar dapat melewatinya bergantung pada teknik gas dan kopling.

Pastikan ban sejajar dengan papan yang akan dilewati. Dengan tingkat konsestrasi yag tinggi usahakan injak gas dengan stabil dan tidak menginjak gas terlalu dalam. Hindari pengereman mendadak.

 

Sumber gambar:

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=https%3A%2F%2Fimg-ik.cars.co.za%2Fimages%2F2018%2F8%2Ftr%3An-news_large%2FSuzuki-Jimny-2019.jpg&f=1

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *