Home » Modifikasi Mobil » Kenapa Harus Tune Up Mobil?

Kenapa Harus Tune Up Mobil?

Memaksimalkan kemampuan dan merawat kendaraan anda. Itulah inti dari tune up. Namanya barang atau benda bila tidak dirawat memang akan mengalami keruksakan. Minimal mengalami penurunan kemampuan. Apalagi yang sifatnya benda yang ada unsur mesinnya seperti mobil. Sangat rentang mengalami keruksakan. Hal inilah yang harus anda hindari tentunya. Tapi buat anda yang masih penasaran kenapa harus tune up mobil ? Ini dia sekilas alasannya :

Kenapa Harus Tune Up Mobil?

Menjaga performa mobil

Tune up memang berfungsi seperti itu. Ini bahkan berlaku buat mobil baru sekalipun. Justru mobil baru sangat dianjurkan.  Untuk mobil baru pun diberikan program service atau tune up gratis sampai 3 kali. Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana programnya, ini dia programnya :

  • Periode pertama

Ini dilakukan saat mencapai  pemakaian 1000 km atau 1 bulan, mana yang lebih dulu.

  • Periode kedua

Dilakukan jika pemakaian sudah mencapai  10.000 km atau paling lama 6 bulan, mana yang lebih dulu.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeot

  • Peroide ketiga

Dilakukan jika pemakaian sudah mencapai  20.000 km atau selama 1 tahun, mana yang lebih dulu.

Ini menunjukan betapa pentingnya tune up dilakukan. Apalagi jika mobil anda buka termasuk baru. Ini mutlak harus dilakukan.

Memperpanjang usia mobil

Ini sangat logis sekali. Dengan melakukan tune up yang berkala atau rutin dilakukan maka mobil akan selalu dalam keadaan terawat. Contoh kecilnya, dengan rajin mengganti oli mesin, maka mesin akan selalu dalam keadaan terlumasi. Ini bagus untuk memperlancar kinerja mesin sehingga mesin bisa bekerja dengan optimal. Disamping itu mesin menjadi tidak cepat panas. Ini penting karena bila mesin sampai dalam keadaan tanpa oli atau kekurangan oli maka mesin akan cepat panas. Ini akibat pergesekan antar komponen ketika mesin bekerja terjadi secara langsung tanpa ada terlumasi oli. Ini menyebabkan komponen – komponen dalam mesin cepat rusak. Bisa dipastikan umur mesin akan berkurang dan berdampak pada mobil secara keseluruhan.

 

Meminimalisir terjadi mogok atau kecelakaan

Kenapa bisa begitu ? Tentu saja ini sangat masuk akal. Ketika tune up dilakukan banyak yang hal yang dilakukan.  Pemeriksaa sistem pendingin, sistem pelumasan, sistem bahan bakar, pengapian, penyetelan katup dan lain sebagainya. Bila ada yang kurang pas disetting kembali. Ini jelas akan meminimalisir kemungkinan mobil anda mogok. Jangankan ditengah perjalanan, mogok selagi dirumah saja sudah sangat tidak menyenangkan. Anda pasti tidak ingin itu semua terjadi. Selain itu, tune up juga mengecek sistem yang berkaitan dengan keselamatan, seperti sistem pengereman dan pencahayaan. Jadi  kemungkinan rem anda blong ketika mobil anda dipakai akan terminimalisir. Otomatis kecelakaan pun bisa dihindari. Masuk akal bukan.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *