Home » Tips dan Trik » Ketahui Dulu Untung Ruginya Sebelum Beli Mobil Bekas

Ketahui Dulu Untung Ruginya Sebelum Beli Mobil Bekas

Bagi sebagian orang yang memiliki aktifitas padat, maka kendaraan menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki, guna menunjang kemudahan dan kecepatan dalam beraktivitas tersebut. Di pasaran sendiri tak kurang dari puluhan produk kendaraan baik roda dua maupun empat yang bisa Anda beli. Hanya saja tentu dengan tawaran harga yang bervariasi, sebagian diantaranya ada yang mahal, namun juga ada yang ditawarkan dengan harga murah. Khusus untuk Anda yang ingin membeli mobil, namun keterbatasan pada budget maka bisa mencari alternatif mobil bekas.

Kendaraan second atau bekas menjadi pilihan bagi sebagian orang, bukan masalah baru atau tidaknya melainkan dari segi harga dan kualitas. Ketika Anda bisa mendapatkan yang harganya murah, namun dengan kualitas yang masih jempolan, mengapa tidak menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk digunakan. Membeli kendaraan yang sudah bekas ini tentunya memiliki nilai plus dan minusnya masing-masing, berikut ini diantara yang harus Anda ketahui, yaitu:

Kelebihan:

  1. Harga yang dibayarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru, mobil bekas harga jual di pasaran memang sudah mengalami penurunan, apalagi ketika ia juga masuk sebagai kendaraan keluaran lama. Maka harganya bisa turun bahkan mencapai angka 50%, pertimbangkan keuangan Anda juga, ketika hanya memiliki uang terbatas, maka lebih baik membeli yang murah bukan.
  2. Prosesnya jauh lebih mudah dibandingkan dengan membeli yang baru dari dealer, mengapa demikian? Karena Anda hanya butuh persetujuan dari pihak yang menjualnya saja, sedangkan surat-suratnya sudah lengkap, ketika ingin balik nama maka bisa langsung dilakukan ke kantor terdekat. Tak butuh waktu satu hari ketika uang sudah ada maka kendaraan bisa langsung digunakan.
  3. Siap pakai, ketika kendaraan sudah jadi milik Anda, maka bisa langsung pakai untuk kebutuhan bekerja atau menunjang aktivitas lainnya.

Kekurangan:

  1. Tampilan dari kendaraan tak akan sebagus membeli produk yang masih baru, namanya adalah mobil second Anda harus terima second dalam kondisi tersebut, terkadang masih ada yang mulus, namun tak jarang juga yang lecet di beberapa bagian.
  2. Harga jual kembali nilainya rendah, sudah dipakai oleh pemiliknya beberapa tahun, ditambah dengan masa pakai Anda, sudah pasti membuat harga jual dari kendaraan tersebut jadi semakin rendah bukan.
  3. Bagi yang ingin membelinya secara kredit, maka bunga cicilan yang akan dikenakan kepada Anda juga bisa jadi sangat tinggi, nilainya dapat melebihi 30% harga kendaraan tersebut, jadi pertimbangkan lagi ketika akan membelinya dengan sistem kredit.

Membeli mobil bekas tentunya juga harus lebih selektif dalam lakukan pemilihan, karena banyak diantara konsumen yang kecewa setelah mendapatkannya, kualitas tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *