Home » Tips dan Trik » Ketahui Jenis Mobil Berdasar Bentuknya yang Beredar di Pasaran Saat Ini

Ketahui Jenis Mobil Berdasar Bentuknya yang Beredar di Pasaran Saat Ini

Mobil sejak penciptaannya, telah mengalami banyak sekali perkembangan dan perubahan demi mendapatkan bentuk yang paling terbaik. Selain itu, teknologi dan kecanggihan di dalam mobil pun semakin lama semakin diperbaiki agar bisa memberikan kenyamanan untuk para pengendaranya. Seperti yang telah diketahui, bentuk mobil yang berbeda tentunya juga memiliki fungsi yang berbeda pula sehingga jenis mobil pun sangat beragam saat ini.

Untuk mengenal lebih dalam terkait macam-macam mobil, maka berikut ini ulasannya

  • Convertible

Yang pertama ada Convertible dimana mobil ini memiliki atap yang mampu dilipat. Mobil ini bisa diubah di bagian atapnya, baik secara tertutup ataupun terbuka. Model mobil yang satu ini bisa terbagi menjadi 2 macam yaitu soft top dimana atap terbuat dari kanvas dan hard convertible yang atapnya dibuat dari bahan baja.

  • Coupe

Mobil coupe merupakan jenis mobil yang memiliki bentuk atap condong ke arah bagian belakang. Umumnya mobil jenis coupe hanya memiliki 2 kursi dan kini ada juga yang memiliki 4 kursi.

  • Hatchback

Mobil ini memiliki ciri menyatukan kabin penumpang dengan ruang bagasinya. Umumnya mobil ini memiliki 5 pintu dimana 4 pintunya berguna untuk akses keluar dan masuknya penumpang serta ditambah 1 pintu tambahan guna memasukkan barang ke dalam bagasinya.

  • Sedan

Model mobil yang satu ini tentu sudah akrab di telinga. Umumnya kapasitas maksimalnya adalah 5 orang. Ada tambahan pintu di bagian belakangnya untuk keperluan bagasi. Mobil yang memiliki ukuran cenderung kecil ini kerapkali banyak dipakai di perkotaan sehingga mampu menembus keramaian lalu lintas.

  • Sport Utility Vehicle

Mobil SUV adalah mobil yang tercipta dan diperuntukkan guna menghadapi medan yang terjal dan keras. Mobil ini dapat mengangkut penumpang serta bawang bawaan dalam jumlah yang cukup besar. Cirinya adalah dengan body yang gagah dan besar dimana menggunakan penggerak 2 roda.

  • Multi Purpose Vehicle

Mobil MPV memiliki dimensi lebih besar dibanding sedan namun kenyamanannya juga tetap baik. Mobil ini umumnya bisa menampung sampai 7 orang. Mobil ini cenderung banyak dipakai untuk kebutuhan keluarga karena bisa menampung hingga 7 orang.

  • Station Wagon

Bentuk dasarnya mirip sekali dengan mobil sedan. Meski begitu jika dilihat kembali, dimensi dari Station Wagon ini akan lebih besar dibanding mobil sedan. Bagian belakang mobil model ini lebih panjang karena menyambung dengan bagasinya. Bagian penumpang dan bagian barang pun menjadi satu dengan mobil ini.

Itulah beberapa jenis mobil yang perlu Anda tahu. Semua model mobil tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing sesuai dengan bentuknya. Jadi, model mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

 

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *