Home » Onderdil Mobil » Keuntungan Memilih Sparepart Mobil Sesuai Pabrik

Keuntungan Memilih Sparepart Mobil Sesuai Pabrik

Selama memiliki kendaraan sendiri Kita akan rutin berkunjung ke tempat service untuk pemeriksaan dan tindakan lanjutan lainnya. Selama berkunjung ke bengkel secara teratur maka pemiliknya bisa merawat semua sparepart mobil dengan baik. Menggantikan sparepart lama dengan yang baru memang perlu dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Penggantian bisa lebih berdekatan ketika intensitas pemakaian mobil pun lumayan tinggi dan setiap hari.

Ketika hendak melakukan penggantian sparepart sebaiknya memastikan mendapatkan yang original sesuai merk mobil yang dimiliki. Ketika memilih sparepart yang sesuai maka bisa memberikan keuntungan seperti berikut:

  1. Meningkatkan dan menjaga performa mobil,

Ada banyak pilihan sparepart di pasaran, biasanya yang merupakan tiruan dijual dengan harga lebih murah sehingga lebih menggiurkan. Namun sayangnya ketika menggunakan sparepart non-original maka besar resiko kurang pas atau presisi. Pergeseran yang terjadi bisa memicu kerusakan yang lebih parah dan menuntut biaya perbaikan yang lebih besar.

  1. Pemasangan yang cepat dan mudah,

Beberapa mekanik dalam memperbaiki mobil ketika perlu melakukan penggantian sparepart biasanya memberikan opsional. Apakah pemiliknya menghendaki yang original bawaan pabrik atau malah memilih alternatif lain yang lebih murah. Ketika memilih yang lebih murah maka mekanik terkadang melakukan perubahan struktur untuk menyesuaikan dengan bentuk sparepart alternatif dan tentu saja menimbulkan kerugian jangka panjang. Sebab ke depannya tidak bisa diganti dengan sparepart original lagi meski sering mengalami kerusakan.

Baca Juga : Tips merawat mobil untuk membuatnya tahan lama

  1. Usia sparepart lebih panjang,

Memutuskan mengganti sparepart dengan yang tiruan memang menghemat anggaran perbaikan yang dilakukan. Namun perlu diakui bahwa kualitas material sparepart mobil yang tidak original tersebut di bawah standar pabrik. Kondisi ini membuat kualitasnya pun kurang bagus dan biasanya akan mudah mengalami kerusakan yang serupa. Meski perbaikan pertama baru beberapa minggu dilakukan, dan menunjukkan adanya ketidakcocokan antara mesin dengan sparepart yang dipilih. Jika sudah demikian maka perbaikan berulang dilakukan dan menyita lebih banyak waktu dan juga biaya.

  1. Mendapatkan garansi yang lebih panjang,

Khusus untuk pembelian sparepart diluar produksi pabrik mobil yang dimiliki, maka garansi yang diberikan biasanya hanya dari toko penjualnya. Garansi yang seperti ini cenderung memiliki waktu yang singkat dengan ketentuan klaim yang lebih rumit. Namun ketika menghendaki sparepart bawaan asli mobil tersebut aka garansi yang diterima akan lebih panjang. Sebab tidak hanya mendapatkan garansi toko saja namun juga garansi dari pabriknya. Biasanya garansi untuk sparepart original bisa sampai 3 tahun sesuai dengan kebijakan dari vendor pembuatnya.

  1. Investasi jangka panjang,

Tidak ada yang memungkiri bahwa dengan memasang sparepart asli sesuai merk mobil akan membuat usia mobil lebih lama. Penggantian dengan sparepart luar menambah besar resiko kerusakan, baik sering maupun yang lebih besar. Ketidaknyamanan selama memanfaatkannya tentu akan mempengaruhi kualitas hidup dari pemiliknya sendiri. Ketika memilih sparepart bawaan mobil maka membuat daya tahannya semakin kuat dan lebih nyaman di kemudikan. Sehingga menjadikan mobil tersebut sebagai aset berharga yang memberikan manfaat jangka panjang.

Memilih sparepart untuk mobil yang asli memang harus lebih berhati-hati sebab banyak yang memproduksi tiruannya. Ada yang memberikan informasi jujur sebagai produk tiruan namun ada pula yang memberikan kebalikannya. Sebagai bentuk antisipasi resiko menerima sparepart yang seperti ini Kita bisa membelinya di toko sparepart resmi. Atau bisa pula mengganti sparepart mobil di bengkel resmi sesuai merk mobil tersebut.

Be Sociable, Share!
Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *