Home » Tips dan Trik » Kiat-kiat Memilih Oli Mesin yang Bagus untuk Mobil Kesayangan

Kiat-kiat Memilih Oli Mesin yang Bagus untuk Mobil Kesayangan

Usia mesin mobil sangat ditentukan oleh kualitas oli. Bagian-bagian mesin tentunya memiliki spesifikasi dan jenis perawatan yang berbeda-beda. Pemilihan oli mesin yang tidak sesuai bisa mengakibatkan kinerja mesin yang buruk atau lebih parahnya mesin tidak akan berumur lama. Maka dari itu pemilihan oli untuk mesin merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan. Dampak pemakaiannya mungkin saja tidak terlihat secara langsung. Namun dampak jangka panjangnya sangatlah berbahaya bagi mesin.

Kiat-kiat Memilih Oli Mesin yang Bagus untuk Mobil Kesayangan

Selain dari segi kualitas, penggantian oli mesin juga harus dilakukan secara rutin. Penggantian yang tidak tepat waktu, bisa menyebabkan mesin mudah rusak. Jenis oli yang tersebar di pasaran sangat beraneka ragam, namun belum tentu kesemuanya itu cocok untuk keperluan Anda. Oli dengan harag mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda. Oli bukan hanya berfungsi sebagai pelumas saja, lebih dari itu oli juga sebagai pendingin, anti karat, juga penutup celah pada dinding mesin. Gesekan yang terjadi di bawah kap mesin juga lebih halus dan tidak akan menimbulkan kerusakan satu sama lain. Selain itu oli juga menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

Ada beberapa tips melakukan pemilihan oli yang tepat, antara lain:

  • Pilih Oli yang Sesuai dengan Mesin Mobil

Setiap mobil memiliki kode spesifikasi berbeda-beda, diantaranya ada 5W-50. 15W-50, 15W-40, dan sebagainya. W merupakan singkatan dari Winter. Sebagai contoh SAE 15W-50, spesifikasi tersebut menunjukkan bahwa oli mesin memiliki kekentalan SAE 15 pada kondisi dingin dan kekentalan SAE 50 pada kondisi suhu yang panas. Spesifikasi ini menjelaskan bahwa mesin bisa dinyalakan dalam kondisi yang sangat ekstrim dengan perlindungan oli yang optimal.

  • Utamakan Pilih Oli yang Memiliki Sertifikasi

Yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah sertifikasi oli mesin yang akan Anda pilih. Sertifikasi ini biasanya dikeluarkan oleh API, ACEA, ILSAC, dan JASO. Sertifikasi ini menunjukkan adanya standart dan mutu yang bisa dijamin. Jenis oli ini sangat baik untuk mesin mobil Anda.

  • Standar pada Buku Panduan Pemilik Mobil

Jika Anda tidak yakin jenis oli yang cocok untuk mesin mobil Anda, coba lihatlah pada buku panduan pemilik mobil Anda. Biasanya tertera spesifikasi mesin mobil dan jenis oli yang sesuai.

untuk mesin tersebut.

  • Bahan Mineral atau Sintestis?

Oli mesin memiliki dua jenis, yakni yang berbahan mineral dan sintetis. Lalu, bahan manakah yang bagus? Atau bahan manakah yang sesuai dengan mesin mobil Anda? Perlu diketahui bahwa oli mineral terbuat dari bahan dasar mineral dan memiliki molekul alami yang sangat baik untuk mesin. Sedangkan oli sintetis dibuat dari bahan kimia yang memiliki sifat adiktif. Oli sintetis ini mampu mengatasi perubahan suhu atau dengan kata lain dapat melumasi mesin dalam kondisi apapun.

Setelah Anda membaca tips-tips di atas, kini Anda dapat mencari tahu jenis oli mana yang sesuai dengan kebutuhan mesin Anda.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *