Home » Tips dan Trik » Kiat Menjaga AC Mobil agar Tahan Dingin Lebih Lama

Kiat Menjaga AC Mobil agar Tahan Dingin Lebih Lama

Salah satu komponen mobil yang sangat penting untuk pengendara adalah adanya AC. AC mobil ini fungsinya untuk menjaga udara dalam mobil agar dapat bersirkulasi sehingga tidak panas dan pengap. AC ini akan sangat dibutuhkan bagi orang tinggal di lingkungan panas, seperti kota-kota besar, dan umumnya pada cuaca panas. Jika komponen ini rusak, tentu akan sangat mengganggu mobilitas penggunanya. Selain ruang mobil menjadi tidak sejuk, dampak lainnya bisa berupa ruangan menjadi bau tak sedap dan pengap. Penggunaan AC rusak ini juga bisa merugikan penggunaan bahan bakar Anda, kerana terbuang sia-sia.

Kiat Menjaga AC Mobil agar Tahan Dingin Lebih Lama

Kiat menjaga AC mobil

Untuk menjaga umur AC agar bertahan lama, Anda bisa melakukan kiat-kiat di bawah untuk memastikan AC bekerja secara optimal lebih lama.

  • Menjaga kebersihan condenser AC

Condensor AC terletak di depan radiator, dan biasanya berbentuk mirip dengannya. Anda bisa mulai membersihkannya dengan membuka kap mobil. Kemudian gunakan semprotan air kencang ke arahnya. Semprotan yang kencang akan mampu melepas kotoran-kotoran yang melekat pada condensor. Kotoran-kotoran ini jika dibiarkan bisa membuat condensor mengalami pengeroposan.

  • Membersihkan bagian dalam mobil secara teratur

Untuk menjaga keoptimalan kerja AC mobil, bersihkan bagian dalam mobil Anda secara teratur. Seperti kebersihan karpet, dan jok mobil, agar saat AC dinyalakan bagian-bagian tersebut dalam kondisi bersih. Kondisi kotor dapat menyebabkan bagian evaporator AC berjamur, yang akhirnya mengeluarkan bau tak sedap.

  • Menjaga kebersihan Extra fan (Kipas)

Saat menyalakan AC, pastikan extra fan yang berada di depannya juga dalam kondisi menyala. Hal ini untuk menghindari risiko kerusakan pada kompresor agar tidak terlalu panas atau bahkan menyebabkan ledakan.

  • Pemasangan Filter Kabin

Pemasangan ini bertujuan untuk menyaring debu dan kotoran yang melewati bagian evapator. Fungsi lainnya adalah untuk mengatur sirkulasi udara dalam mobil agar tidak pengap.

  • Pembersihan secara rutin

Aneka kegiatan membersihkan kebersihan mobil hendaklah dilakukan secara berkala untuk menjaga kondisi AC juga untuk kenyamanan penggunanya.

  • Kiat terakhir dalam menjaga AC mobil adalah dengan pemilihan tempat parkir. Tempat parkir yang terlalu panas dapat berpengaruh pada kondisi mobil Anda. Saat hendak digunakan pun juga akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mendinginkan ruang mobil.

Menjauhi larangan selama berkemudi

Selain beberapa kita di atas, Anda juga harus menghindari larangan-larangan selama berkendara.  Salah satunya adalah merokok. Kebiasaan ini dapat membuat evapator AC Anda bekerja terlalu berat. Hal ini mengakibatkan jamur yang mengendap di dalamnya mengeluarkan bau tak sedap dalam kurun waktu singkat. Selain itu, hindari juga menurunkan temperature AC saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Sebagai saran, pakailah pengharum mobil untuk menjaga keharuman dan kesejukan ruang mobil.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *