Home » Tips dan Trik » Knalpot Mobil Anda Berasap? Ini Dia Penyebab yang Bisa Terjadi!

Knalpot Mobil Anda Berasap? Ini Dia Penyebab yang Bisa Terjadi!

Sering kali kita menjumpai beberapa mobil di jalanan yang mengeluarkan asap pada bagian knalpot mobil yang mana hal ini tentunya menjadikan para pemilik mobil sekaligus pengendara lainnya merasa tidak nyaman akan hal ini Karena dapat menimbulkan polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan. Apabila mobil Anda mengalami hal yang semacam ini, maka Anda wajib untuk memeriksa pada keadaan mobil Anda serta memastikan kerusakan apa yang terjadi pada bagian mesin mobil Anda.

Knalpot Mobil Anda Berasap? Ini Dia Penyebab yang Bisa Terjadi!

Sedangkan asap yang dikeluarkan oleh mobil yang bermasalah ini pun juga bukan dari asap yang berwarna hitam saja, akan tetapi untuk knalpot yang mengeluarkan asap putih ini pun juga bermasalah, oleh sebab itulah kenali terlebih dahulu mengenai hal-hal yang menjadikan knalpot pada mobil Anda mengeluarkan asap, baik itu asap putih maupun asap hitam. Apabila Anda ingin mengetahui penyebab dari munculnya asap yang keluar dari knalpot pada mobil Anda, maka Anda dapat untuk memperhatikan pada beberapa ulasan yang ada di bawah berikut.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan asap hitam, yaitu:

  • Terlalu banyak bahan bakar yang masuk pada ruang silinder sehingga bahan bakar tersebut tidak bisa dibakar dengan penuh, dan hal ini pun juga mengakibatkan mobil Anda akan lebih boros bahan bakar.
  • Karburator tidak di stel dengan baik sehingga menjadikan knalpot mengeluarkan asap hitam.

Sedangkan untuk knalpot yang mengeluarkan asap putih disebabkan karena:

Baca Juga:Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Mesin Mobil dan Cara Mengatasinya

  • Karena kondensansi terutama dibagian tengah-tengah udara yang dingin.
  • Air cocolant yang terbakar yang ada di dalam mesin.
  • Adanya kerusakan yang terjadi pada PCV atau Positif Crankcase Ventilation.

Dari beberapa penyebab timbulnya asap yang keluar dari knalpot baik untuk asap yang berwarna hitam maupun putih seperti yang ada di atas dapat untuk Anda ketahui lebih dalam lagi, dan apabila mobil Anda mengalami akan hal yang semacam ini maka jangan menunda terlalu lama, karena hal ini selain menjadikan performa mobil tidak bekerja dengan baik maka hal ini pun juga dapat mengganggu para pengendara yang lainnya, oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk membawanya ke bengkel untuk melakukan tindakan yang tepat.

Kasus yang semacam ini memang sering kali kita jumpai di jalanan, selain hal ini mengganggu pengendara yang lain maka asap yang keluar dari knalpot mobil ini pun juga sangat mengganggu pada kesehatan bagi orang yang menghirupnya karena hal ini termasuk pada pencemaran udara, oleh sebab itulah agar kendaraan Anda tidak mengganggu pada pengendara yang lainnya serta mobil Anda pun juga tetap aman dan nyaman pada saat berada di jalanan, maka perhatikan hal ini dengan sebaik mungkin, termasuk segera membawanya ke bengkel.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *