Home » Tips dan Trik » Komponen – Komponen yang Harus Diperhatikan Ketika Service Mobil bekas.

Komponen – Komponen yang Harus Diperhatikan Ketika Service Mobil bekas.

Pengguna mobil dari tahun ke tahun semakin meningkat saja yang sangat  berpengaruh terhadap harga mobil yang semakin mahal terutama harga mobil baru. Sehingga akan mengakibatkan orang – orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas. Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika kita akan memutuskan untuk  membeli mobil bekas. Selain harga murah kita harus mempertimbangkan dari segi perawatannya. Perawatan mobil baru tentu berbeda dengan perawatan mobil bekas. Untuk mobil bekas kita harus ekstra teratur, rutin selain itu banyak komponen – komponen yang harus diperhatikan ketika service mobil bekas.

Berikut komponen – komponen  yang harus diperhatikan :

  • Oli Mesin

Oli mesin merupakan komponen kendaraan penting untuk menunjang kinerja mesin agar awet. Kita harus sering mengecek oli mesin harus diganti. Cara mengecek biasanya bengkel waktu penggantian oli mesin sebelumnya, selalu mencantumkan label yang berisi waktu atau batas kilometer untuk penggantian oli.  Untuk mobil bekas biasanya setiap 3.000 km oli sudah lebih hitam dan harus diganti.

  • Radiator

Radiator merupakan komponen kendaraan yang fungsinya untuk mendinginkan mesin mobil. Ketika service mobil, radiator tidak boleh ketinggalan untuk dicek atau dirawat yaitu dengan cara mengisi  air radiator atau menguras air radiator. Untuk radiator mobil bekas sebaiknya dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali. Pengurasan air radiator berfungsi untuk menghindari kebocoran radiator yang disebabkan oleh korosi. Penyebab korosi biasanya disebabkan oleh air yang digunakan untuk mengisi air radiator mengandung kadar asam yang tinggi atau mengandung kadar garam seperti air biasa. Sebaiknya untuk pengisian air radiator menggunakan  air khusus radiator seperti coolant.

  • Busi dan Karburator

Busi dan karburator  merupakan komponen mobil yang berbeda fungsi. Busi  mempunyai fungsi yang penting dalam sistem perapian begitu juga fungsi karburator  untuk mengatur jumlah bahan bakar. Biasanya pengecekan kedua komponen ini masuk ke service mobil berkala atau disebut juga tune up.

Baca juga beberapa hal yang harus di perhatikan ketika merawat mobil anda. Simak selengkapnya di pelapakmobil.com

  • Kaki – Kaki

Penyebab rusaknya kaki – kaki mobil selain disebabkan oleh  usia pakai yang sudah melewati 5 tahun, juga disebabkan oleh faktor jalan yang tidak mulus dan faktor pengemudi yang kasar dalam mengendarai mobilnya. Untuk mobil bekas sebagian besar kaki – kakinya akan terasa kurang maksimal ketika sedang berkendara di jalan yang berlubang. Kaki – kaki mobil akan mengeluarkan bunyi berisik. Perbaikan  atau pengecekan kaki – kaki mobil bisa dibawa ke bengkel khusus reparasi kaki – kaki mobil.

  • Roda – Roda

Faktor penunjang kenyamanan dalam kendaraan adalah ketika kondisi roda – roda mobil lurus dan seimbang.  Kondisi jalan yang tidak mulus sering menyebabkan posisi roda – roda mobil berubah. Service mobil untuk roda – roda ada 2 yaitu sporing dan balancing. Sporing adalah proses untuk meluruskan kembali keempat roda mobil seperti sesuai pengaturan dari pabrik. Balancing adalah proses menyeimbangkan kembali keempat roda supaya perputaran nya kembali seimbang biasanya dilakukan ketika akan mengganti ban atau velg.

Salah satu cara untuk memperpanjang usia mobil bekas yaitu dengan cara Service secara berkala dengan memperhatikan komponen – komponen diatas .

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *