Home » Tips dan Trik » Langkah Mendapatkan Mobil Pengganti Pada Asuransi Mobil

Langkah Mendapatkan Mobil Pengganti Pada Asuransi Mobil

Saat Anda memiliki sebuah kendaraan khususnya mobil, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari perawatan yang tepat serta antisipasi dalam semua kemungkinan hingga biaya yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan mobil merupakan benda bergerak dan berisiko baik rusak maupun rawan kecelakaan. Untuk mendapatkan prioritas layanan yang baik namun hemat biaya dapat dilakukan dengan mengikuti program asuransi mobil.

Langkah Mendapatkan Mobil Pengganti Pada Asuransi Mobil

Asuransi mobil yang ditawarkan terdiri dari beberapa program sesuai dengan mobilitas Anda. Jika mobilitas rendah, maka pilihlah jenis asuransi TLO (Total Loss Only), sedangkan jika mobilitas tinggi pilihlah asuransi All Risk agar segala kemungkinan risiko yang terjadi bisa terselesaikan dengan baik

Pemilihan Asuransi Sesuai Kebutuhan

Anda harus memilih jenis asuransi mobil yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan agar lebih efisien dalam segi manfaat dan biaya. Pastikan bahwa mobil yang diasuransikan termasuk mobil kantor atau mobil pribadi karena akan mempengaruhi jenis paket asuransi yang akan dipilih. Pilihlah asuransi yang menyediakan mobil pengganti dalam perjanjian dalam polis untuk meminimalisir risiko yang akan terjadi. Pastikan pula beberapa hal umum dan penting dalam polis perjanjian seperti perlindungan atas seluruh kerusakan kendaraan, pertanggungjawaban hukum dari pihak ketiga, asuransi jiwa pengemudi dan penumpang, mobile claim service hingga hotline 24 jam.

Pihak perusahaan asuransi mengusahakan pemberian fasilitas mobil pengganti yang setara dengan mobil yang sedang di bengkel. Akan tetapi tidak setiap kali mobil pengganti yang setara selalu tersedia karena jumlah mobil pengganti tidak sebanding dengan banyaknya mobil yang masuk bengkel.

Mekanisme Klaim Asuransi Mobil untuk Mobil Pengganti

  • Simpanlah polis di mobil dan catat nomor klaimnya

Hal ini akan lebih memudahkan Anda saat terjadi permasalahan pada mobil

  • Tanyakan estimasi pengerjaan perbaikan mobil

Hal ini perlu dilakukan untuk estimasi penggunaan mobil pengganti

  • Pahami syarat dan prosedur untuk mobil pengganti

Konfirmasikan ke pihak asuransi untuk mendapatkan mobil pengganti dengan memahami seluruh ketentuan dan prosedur yang berlaku.

Prosedur Umum Klaim Asuransi Untuk Mobil Pengganti

Anda yang memiliki asuransi mobil harus mengetahui prosedur umum dalam mendapatkan mobil pengganti saat terjadi kerusakan mobil, diantaranya yaitu:

  1. Pastikan nomor klaim sudah ada. Hal ini dikarenakan nomor klaim berfungsi sebagai surat perintah kerja dan persetujuan dari pihak perusahaan asuransi.
  2. Pihak perusahaan asuransi memiliki ketentuan tersendiri jika konsumen menginginkan mobil pengganti. Biasanya perusahaan akan menyetujui dengan ketentuan mobil berada di bengkel sekurang-kurangnya selama 2 hari.
  3. Pastikan jika pihak bengkel segera mengerjakan mobil Anda. Hal ini dikarenakan perusahaan asuransi biasanya hanya memberikan tenggang waktu 5 hari saja untuk membawa mobil pengganti. Jika Anda menggunakannya diluar ketentuan, maka dianggap sebagai sewa.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *