Home » Tips dan Trik » Mau Daftar Asuransi Mobil? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Mau Daftar Asuransi Mobil? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Asuransi menjadi hal yang amat penting mengingat banyak orang merasa butuh sekali jaminan atas segala hal yang dimilikinya dan kerap mengkhawatirkan. Tak hanya jaminan atas diri, namun jaminan atas harta bendanya juga amat penting. Salah satu benda yang butuh perlindungan dan jaminan yakni mobil. Ya, kecelakaan, tabrak lari, pencurian atau kemungkinan buruk lainnya selalu ada sehingga tak heran jika produk berupa asuransi mobil sangat banyak diminati oleh pasarannya.

 Mau Daftar Asuransi Mobil? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Namun hingga saat ini ternyata masih banyak sekali orang yang kerapkali bingung untuk memilih asuransi bagi mobilnya. Jika memang Anda juga demikian, maka berikut ini beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan asuransi untuk mobil Anda:

  • Perlindungan yang dibutuhkan

Anda perlu tahu jika asuransi pada mobil dibedakan dalam cakupan perlindungannya. Ada dua jenis yaitu ada asuransi komprehensif dimana asuransi ini mampu bayar klaim untuk jenis kerusakan misal saja kerusakan ringan, berat sampai hilang. Namun beda dengan jenis asuransi satu lagi yakni Total Loss Only atau biasa disebut TLO dimana hanya akan memberikan klaim jika kerusakan lebih dari 75% saja. Untuk asuransi komprehensif, Anda harus mampu membayar dengan biaya yang lebih tinggi dibanding TLO.

  • Usia kendaraan

Semua kendaraan bisa diasuransikan. Namun tentunya perlakuan untuk masing-masing kendaraan akan berbeda. Usia kendaraan akan memberikan pengaruh yang signifikan untuk premi yang harus Anda bayarkan nantinya. Jika mobil Anda di usia lebih dari 5 tahun, maka ada tambahan biaya premi juga sehingga kian tua usia mobil maka kian mahal preminya mengingat kemungkinan masalah yang menimpa mobil juga kian banyak.

  • Reputasi perusahaan asuransi

Tentu Anda sudah tahu jika saat ini sudah banyak sekali perusahaan asuransi di Indonesia dan menawarkan produk berupa asuransi mobil. Meski demikian, Anda juga harus lebih jeli dan lebih teliti lagi untuk bisa memilih perusahaan asuransi yang tepat. Reputasi bukan hanya dari segi besar atau kecilnya perusahaan asuransi terkait, namun tentang bagaimana cara memberikan pelayanan bagi para pemegang premi misalnya dalam segi kemudahan dalam pengajuan klaim.

  • Bengkel rekanan

Urusan pemeliharaan dan juga perbaikan pada kerusakan yang dilakukan di bengkel tentu jadi hal utama. Untuk itulah, pemilik kendaraan harus bisa selektif dalam pemilihan bengkel mengingat tak semua kinerja bengkel bagus. Untuk itu rekanan bengkel yang dimiliki perusahaan asuransi patut jadi pertimbangan.

Masih banyak lagi tambahan perlindungan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan produk asuransi mobil. Namun untuk mengetahuinya, maka Anda harus komunikasikan langsung dengan perusahaan asuransi terkait sehingga bisa tahu lebih jelas lagi dan gamblang informasinya.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *