Home » Aksesoris Mobil » Memilih Aksesoris Mobil Berupa Audio Yang Tepat

Memilih Aksesoris Mobil Berupa Audio Yang Tepat

Sebagai salah satu aksesoris mobil yang paling banyak digemari para pecinta mobil, Audio system sering menjadi sasaran untuk di modifikasi. Karena sebagian orang beranggapan bahwa audio system bawaan pabrik mobil dinilai kurang “keren”. Karena itu modifikasi terhadap audio mobil banyak dilakukan para pengendara mobil. Namun, terdapat beberapa point utama yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum memilih aksesoris mobil berupa audio system yang tepat untuk mobil kesayangan Anda, diantaranya adalah :

1. Menentukan spesifikasi audio Mobil.

Ada dua spesifikasi utama yang perlu diperhitungkan saat memilih audio mobil yakni :  Sensitivity. Spesifikasi ini mendeskripsikan seberapa besar suara yg dapat dihasilkan audio. Apabila dalam sistim audio mobil udah terpasang head unit standard, atau power amplifier mobil maka tentukan speaker dengan nilai sensitivity yg tinggi dapat sesuai dengan sistim audio anda. Namun andaikan udah memakai power amplifier aftermarket atau branded maka carilah speaker audio yang mempunyai nilai sensitivity rendah. Power Handling. Spesifikasi ini mendeskripsikan seberapa besar daya (watt) yang bisa di terima speaker. Apabila dalam sistim audio mobil tidak memakai sumber power yang kecil, maka tidak usah memilih speaker audio yg berdaya besar. Sebaliknya untuk power amplifier yangg bertenaga besar maka diperlukan speaker yang mempunyai power handling yang mendekati daya output dari power amplifier.

Baca Juga : 5 Tips Mengemudikan Mobil Matic

Selain itu, hal yang harus diperhatikan juga adalah kesesuaian audio dengan ruang kabin dan tata ruang interior yang ada.

2. Memilih audio mobil yang mempunyai merk populer. Karena dengan merk yang populer umumnya dapat dipastikan mempunyai kwalitas bagus. Untuk permasalahan merk pastinya dapat dipandang dari harga nya serta umumnya akan memperoleh garansi hingga anda juga sebagai konsumen menjadi senang.

3. Salah satu ciri-ciri sistem audio mobil yang bagus adalah yang memiliki kemampuan konektibilitas yang tinggi terhadap perangkat inputan audio lainnya. Artinya, audio mobil bisa tersambung dengan CD atau DVD, port USB, iPod, radio, romote control, dan lain lain.

Dari beberapa tips memilih aksesoris mobil berupa audio yang baik, hal yang paling penting adalah mobil anda harus memiliki aki dengan daya kuat dan berkualitas supaya suplai kelistrikan menuju head unit pun menjadi sempurna. Jika anda memakai aki bawaan pabrik namun audio mobil sudah dilakukan modifikasi biasanya aki hanya mampu bertahan beberapa bulan saja karena akan cepat tekor. Untuk itu mintalah saran terhadap tenaga modifikator audio tersebut mengenai aki mana yang sesuai. Itulah beberapa tips mudah dalam memilih audio mobil berkualitas sekaligus cara dalam memaksimalkan fungsi audio di dalam mobil supaya mampu menghasilkan suara lebih lembut dan enak untuk didengar.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *