Home » Aksesoris Mobil » Mengenal Jenis – jenis  Airbag

Mengenal Jenis – jenis  Airbag

Perangkat pengamanan atau perlindungan kendaraan yang berfungsi menahan manusia atau orang dari benturan akibat terjadi kecelakaan. Cara kerjanya sangat mudah yaitu kantung berisi udara  akan mengembang dengan cepat  menjadi sebuah bantalan lembut bila terjadi kecelakaan sehingga benturan dengan benda keras dapat dihindari atau diminimalisasi. Itulah gambaran sekilas tentang airbag. Tentu saja teknologinya tidak semudah gambarannya. Diperlukan waktu bertahun – tahun untuk menyempurnakan teknologinya.  Awalnya sistem itu dipergunakan untuk melindungi pengemudinya dari sisi depan saja. Tapi kemudian dikembangkan lagi, dengan suatu pemikiran bahwa yang membutuhkan perlindungan bukan hanya sopir saja. Pengembangannya apa saja, mari mengenal jenis – jenis airbag.

Side Airbag

Sesuai namanya maka perangkat perlindung  ini melidungi  anda dari samping. Walaupun memang tentu saja tidak sesimpel itu teknologinya. Jenis ini terbagi menjadi 2 yaitu :

  • Torso

Biasanya ditempatkan dibagian sisi kursi. Pada umumnya torso hanya ada pada kursi depan saja. Tapi untuk mobil mewah jenis tertentu kursi belakang juga terdapat torso. Torso melindungi  dari kemungkinan cedera bagian perut dan pinggul.

  • Curtain

Kantung udara ini lebih penting dari torso. Karena berfungsi untuk melindungi dari kemungkinan cedera kepala yang terjadi akibat kecelakaan. Penempatannya berada di atas.

Front Airbag

Sesuai namanya, kantung udara ini posisinya berada di depan. Fungsinya adalah untuk melindungi  pengemudi dan penumpang yang berada di depan. Begitu pentingnya kantung udara jenis ini, sampai Amerika Serikat sejak 1995 mengharuskan setiap mobil yang diproduksi dan dijual di Amerika h harus memilki double front airbag.

Ada 2 posisi penempatan kantung udara jenis ini. Untuk pengemudi ditempatkan di bagian kemudinya, sedang untuk penumpang terdapat pada dashboard.

Knee Airbag

Sesuai dengan namanya  kantung udara ini dibuat untuk melindungi bagian lutut anda dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan.  Toyota pada tahun 2002 menjadi produsen pertama yang memperkenalkan  teknologi kantung udara lutut ini di pasaran Jepang. Awalnya hanya diperuntukan untuk pengemudi tapi kemudian dikembangkan untuk melindungi penumpang yang posisinya di depan juga.

Infleatable seat belt

Posisi kantung udara ini  berada pada seat belt. Fungsinya untuk menyebarkan konsentrasi dari dampak benturan akibat kecelakaan. Jadi ketika terjadi crash tidak terlalu terasa.

Rear Airbag

Kantung udara ini berfungsi melindungi para penumpang yang berada di belakang dari benturan antar sesame penumpang.  Kantung udara udara ini juga melindungi penumpang dari jendela belakang bila terjadi tabrakan dari belakang.

Perkembangan teknologi  automotive memang sangat pesat.  Tapi ada baiknya juga diimbangi dengan teknologi yang berfungsi melindungi penggunanya. Dan ini terus dilakukan oleh para produsen kendaraan sebagai bentuk kepedulian  akan keselamatan konsumennya.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *