Home » Tips dan Trik » Mengenal Jenis Service AC Mobil dan Kisaran Biayanya

Mengenal Jenis Service AC Mobil dan Kisaran Biayanya

AC pada mobil merupakan fasilitas kenyamanan bagi para penumpang didalamnya. Anda tentunya dapat membayangkan, bagaimana rasanya jika sebuah mobil tidak memiliki AC, melaju ditengah jalanan yang memang padat mengalami kemacetan. Mengingat fungsi AC sebagai pendingin sekaligus penyetabil sirkulasi udara dalam sebuah mobil, maka akan sangat wajar jika para pemilik mobil akan segera melakukan perbaikan jika terdapat kendala pada fungsi AC tersebut. Bagi Anda yang memang sedang membutuhkan jasa perbaikan AC mobil, berikut ini referensi range harga service AC mobil berdasarkan tingkat kerusakannya, yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai pedoman ketika melakukan perbaikan untuk alat pendingin ruangan mobil Anda tersebut.

Mengenal Jenis Service AC Mobil dan Kisaran Biayanya 

Secara umum sistem service pada bagian AC mobil ini akan ditawarkan dalam dua sistem utama, yaitu service basic dan advance service. Service basic sendiri merupakan service yang diberikan untuk AC mobil, jika memang jarak tempuh yang dilalui oleh mobil telah mencapai angka 10000 hingga 20000 km. Bagi Anda para pemilik mobil yang memang berada dikawasan perkotaan, dan lebih sering menggunakan mobil untuk melalui daerah yang macet dan penuh polusi, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk melakukan service ketika mobil yang Anda gunakan telah melalui jarak tempuh 10000 km, dimana hal ini akan berbeda bagi Anda yang tinggal dikawasan pedesaan, Anda dapat saja melakukan service ketika mobil memiliki jarak tempuh 20000 km. 

Service basic untuk AC mobil sendiri, biasanya akan meliputi perawatan dan pemeriksaan bagian compressor. Pada sistem perawatan dasar ini, biasanya juga akan dilakukan penggantian filter dan receiver dryer, karena memang fungsi dari kedua komponen ini merupakan fungsi sekali pakai saja. Untuk melakukan service AC mobil basic ini, biasanya para pemilik mobil akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis mobil yang digunakan. Jika mobil yang mereka miliki merupakan produksi dari Jepang ataupun Asia, maka biaya sebesar 300 ribuan rupiah akan dikenakan, namun jika mobil mereka merupakan produksi Eropa maka kisaran biaya diatas 1 jutaan rupiah harus bayarkan, mengingat model AC yang memang lebih rumit.

Selain service basic, service advance pun juga harus dilakukan oleh para pemilik mobil agar nantinya fungsi dari AC mobil tersebut dapat berjalan dengan optimal. Untuk service advance ini biasanya akan dilakukan setelah pengunaan mobil dalam jangka waktu 2 tahun penggunaan. Untuk jenis service advance ini, perawatan yang dilakukan pada spare part AC lebih kompleks, yang meliputi:

  • Kompresor.
  • Evaporator.
  • Kondesor.

Untuk biaya yang dikenakan pada service AC mobil kategori advance ini tentulah akan lebih besar dari biaya basic, karena memang komponen yang dirawat lebih kompleks. Tidak hanya biaya perawatan saja, namun biasa dalam sistem service ini nantinya Anda akan diminta untuk mengganti beberapa komponen yang memang sudah tidak dapat digunakan lagi.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *