Home » Onderdil Mobil » Mengenal Kendaraan Offroad Jenis 4WD

Mengenal Kendaraan Offroad Jenis 4WD

Offroad merupakan jenis olahraga otomotif yang terbilang ektrim karena medan yang digunakan di luar jalan raya yang beraspal seperti  hutan, jalan tanah, dan sungai. Untuk menjelajahi medan yang ekstrim tersebut memerlukan kendaraan dengan modifikasi body dan mesin yang tangguh. Sebagian besar kendaraan offroad bertipe Sport Utility Vehicle atau SUV. Mobil sport ini dirancang khusus untuk menjelajahi medan – medan yang ekstrim dengan dilengkapi  dengan sistem penggerak 4 roda atau 4WD. Untuk mengenal kendaraan offroad jenis  4WD atau 4 x 4 berikut ini penjelasan mengenai sistem, kelebihan dan kekurangannya

Kendaraan sistem 4 WD telah dikembangkan sejak tahun 1940. Ketika perang dunia II angkatan darat Amerika Serikat memerlukan kendaraan perang yang tangguh dan bisa dikendarai di segala medan. Kemudian oleh tiga perusahaan otomotif yaitu Bantam, Willys dan Ford kebutuhan itu diaplikasikan ke kendaraan buatannya.  

Mobil 4WD atau 4×4 ini adalah kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan drivetrain sehingga memungkinkan keempat roda tersebut untuk menerima torsi dari mesin secara bersama –sama. Tipe penggerak kendaraan 4 WD bisa dibagi menjadi 4 tipe diantaranya :

Part Time 4WD

Sistem pengoperasian ini hanya digunakan pada saat tertentu menyesuaikan dengan kondisi jalan seperti kondisi jalan kering. Sistem kerja ini hampir sama dengan sistem kerja kendaraan 2WD. Sistem perpindahan dari 2WD ke 4 WD dilakukan secara manual dengan cara memindahkan tuas. Mobil  dengan menggunakan sistem ini tidak cocok untuk jalan dengan kondisi kering karena akan menyebabkan gear akan cepat aus. Salah satu keuntungan dengan sistem kerja ini adalah bisa menghemat bahan bakar. Sedangkan kekurangannya adalah perpindahan sistem harus dilakukan pada saat mobil berhenti.

Selectable 4 WD.

Sistem ini lebih fleksibel ketika akan melakukan pemilihan jenis penggerak  apakah akan menggunakan 2 WD, full time 4WD, part time 4WD sehingga bisa memberikan traksi yang maksimal. Kendaraan dengan menggunakan sistem ini bisa dikendarai di medan yang berat seperti lumpur dan juga bisa digunakan di jalan raya.

Permanent 4WD

Kendaraan dengan sistem ini hampir sama dengan kendaraan sistem selectable 4WD yaitu bisa dikendarai di medan lumpur dan jalan raya. Kemampuan offroad sebanding dengan part time 4WD bedanya sistem ini masih aman ketika dijalankan di jalan raya.

 

Full Time 4 WD.

Sistem pengoperasian Full Time 4 WD selalu digunakan dalam kondisi jalan apapun.  Kelebihan nya sudah jelas akan menghasilkan traksi maksimal sehingga keempat roda akan mendapatkan tenaga dari mesin. Mobil akan stabil meskipun salah satu roda mengalami selip. Sistem 4 WD sangat berguna untuk handling yang akan membuat mobil lebih aman karena mudah untuk dikendalikan. Sedangkan untuk kekurangannya yaitu pada saat bobot berat konsumsi mobil yang menggunakan sistem  4 WD akan lebih boros dikarenakan roda depan dan roda belakang menggunakan sistem penggerak dan komponen – komponen transfer case yang berada di mobil yang mengubah sistem  menjadi 4 WD. Mobil dengan sistem ini sangat cocok untuk kendaraan offroad.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *