Home » Tips dan Trik » Mengenal Keunggulan yang Ada Pada Mobil Matic

Mengenal Keunggulan yang Ada Pada Mobil Matic

Mobil kini menjadi alat transportasi yang banyak dibutuhkan masyarakat. Dalam pemilihannya, Anda bisa memilih antara mobil dengan transmisi manual atau transmisi otomatis. Namun mengingat banyak pengendara mobil yang menginginkan kesederhanaan, maka transmisi otomatis atau matic lebih dipilih sebagian besar orang. Mobil matic ini sudah banyak perkembangan hingga saat ini sehingga tidak membuat penggunanya repot dalam menjalankannya.

Jika Anda adalah seorang pengendara yang lebih menyukai kemudahan, maka akan lebih disarankan menggunakan mobil transmisi otomatis ini. Banyak juga pengguna mobil ini mayoritas adalah kaum wanita karena lebih mudah dioperasikan. Lalu apa saja kelebihan mobil transmisi otomatis? Berikut ini ulasannya:

  • Mudah dioperasikan

Bukan rahasia lagi jika mobil matic ini sangat mudah untuk dioperasikan. Mobil ini akan mudah dikendarai di jalanan bahkan untuk yang baru berlatih mobil sekalipun. Mobil transmisi otomatis cenderung lebih mudah dioperasikan dibanding mobil manual.

  • Tidak perlu repot

Dalam mengendarai mobil transmisi manual, maka pengendara tidak akan direpotkan dengan berbagai pedal yang harus di injak atau dilepas dan lainnya. Anda hanya perlu menginjak pedal gas dan mobil pun dapat langsung berjalan. Berbeda dengan mobil manual dimana Anda perlu berfikir terkait kopling, oper gigi hingga pedal gasnya.

  • Tidak mudah lelah

Bagi para wanita, kemudahan dan menghindarkan diri dari capek menjadi keunggulan mobil otomatis yang pasti diketahui. Hal ini lantaran ketika mengendarainya, pengendara tidak perlu capek terus menginjak pedal kopling dan hanya perlu menginjak pedal gas serta rem saja.

Baca Juga: Tips Singkat Mengendarai Mobil Matic untuk Pemula

  • Nyaman dipakai di jalanan ramai dan macet

Keramaian dan kemacetan jalanan kerapkali membuat para pengendara mobil harus bolak-balik berhenti dalam melakukan kendaraannya. Namun dengan mobil transmisi otomatis ini, maka Anda tidak perlu marah dan terlalu pusing lantaran pengoperasiannya yang begitu nyaman. Anda hanya perlu memainkan pedal gas ketika ingin jalan dan tidak perlu sibuk menginjak kopling.

Setelah mengetahui kelebihannya, maka tidak adil rasanya jika tidak mengetahui kekurangannya. Maka berikut ini kekurangan dari mobil transmisi otomatis:

  • Biaya perawatan lebih mahal

Seperti halnya servis pada motor matic, servis yang dilakukan pada mobil otomatis ini cenderung butuh biaya lebih besar karena mekanik yang mampu menangani masih terbatas. Selain itu, harga spare part pun juga lebih tinggi.

  • Boros bahan bakar

Konsumsi bahan bakar pada mobil otomatis juga lebih boros lantaran putaran mesinnya yang tidak dapat diatur ketika berkendara sehingga menghabiskan bahan bakar lebih banyak.

Itulah beberapa pertimbangan bagi Anda yang sedang bingung dalam memilih antara mobil matic atau manual. Semuanya ada kekurangan dan kelebihan. Namun dalam memilih mana yang tepat, maka kembali lagi kepada kebutuhan Anda.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *