Home » Tips dan Trik » Mengenal Perbedaan Jenis Mobil Berdasarkan Kategorinya

Mengenal Perbedaan Jenis Mobil Berdasarkan Kategorinya

Jaman sudah berubah dan teknologi juga semakin berkembang. Sama halnya mobil yang kemudian berevolusi bersamaan dengan teknologi yang ada sehingga produsen mobil kemudian membuat mobil yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Jika sebelumnya kita hanya mengenal jenis mobil pribadi umumnya adalah sedan dan minibus, ternyata ada istilah-istilah asing yang mungkin kita sendiri masih belum memahaminya. Istilah-istilah tersebut bisa dibilang masih baru. Di antaranya adalah SUV, MPV, hatchback dan city car. Apa saja pengertiannya dan apa bedanya?

  • SUV (Sport Utility Vehicle).

Mobil jenis SUV merupakan mobil yang mampu melintasi berbagai macam medan lintasan, mulai dari on road sampai off road. Selain sebagai mobil penumpang, SUV juga didesain dapat membawa muatan barang yang cukup banyak. Mobil ini merupakan gabungan dari mobil off-road seperti Jeep, pick up dan sedan. Mobil SUV cenderung memiliki ground clearance yang tinggi, fitur canggih dan lengkap serta suspensi yang mantap namun lembut. Eksterior dan interiornya pun terlihat elegan namun tangguh dan cenderung maskulin, plus ditambah mesin bertenaga besar.

Baca Juga: Mengenal Beberapa Jenis Mobil Berdasarkan Bentuknya

  • MPV (Multi Purpose Vehicle).

Mobil MPV merupakan mobil yang fungsi utamanya sebenarnya mengangkut penumpang atau bisa dibilang sebagai mobil keluarga. Kelebihan dari mobil ini adalah ukurannya yang lebih besar daripada mobil sedan. Biasanya mobil ini memiliki kapasitas seat sebanyak 7 buah. Namanya saja multipurpose, jenis mobil MPV juga dapat dipakai untuk membawa barang dengan cara melipat atau melepas beberapa jok yang tidak digunakan. Mobil MPV ini merupakan mobil yang paling banyak disukai di Indonesia.

  • City car.

City car atau bisa dibilang sebagai mobil perkotaan. Sesuai dengan namanya, mobil ini lebih cocok digunakan dalam lalu lintas dan medan lintasan yang ada di wilayah perkotaan atau daerah urban. Mobil city car umumnya hanya berkapasitas maksimal 4-5 orang saja, cocok untuk keluarga kecil. Ukurannya yang kecil membuat city car lebih gesit dan lincah, sekaligus lebih irit bahan bakar. Ada 2 macam jenis city car, yaitu Low Cost Green Car (LCGC) dan non-LCGC. Yang membedakan sebenarnya hanyalah pemakaian bahan bakarnya saja.

  • Hatchback.

Kadang orang masih suka keliru dalam membedakan city car dan hatchback. Hatchback merupakan jenis mobil penumpang yang basisnya sebenarnya adalah sedan, hanya bagian belakangnya lebih pendek. Gambaran mudahnya, hatchback merupakan ‘sedan tanpa buntut’ karena bagian bagasi menyatu dengan kaca bagian belakang. Desainnya hatchback lebih beragam daripada city car namun dibuat lebih fungsional. Bentuknya yang kecil seperti city car, hatchback cocok untuk anak-anak muda atau keluarga kecil (orangtua dan 1 atau 2 anak).

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *