Home » Tips dan Trik » Mengetahui Kerusakan Mesin Kendaraan Berdasarkan Warna Asap Knalpot

Mengetahui Kerusakan Mesin Kendaraan Berdasarkan Warna Asap Knalpot

Perlu Anda ketahui bahwa kendaraan yang sehat memiliki salah satu ciri yaitu asap knalpot yang dikeluarkan tidak berwarna. Anda perlu perhatikan warna asap knalpot mobil dan motor Anda. Apabila asap knalpot mobil atau motor Anda berwarna, kemungkinan besar terdapat masalah pada kendaraan Anda. Sebisa mungkin, Anda perlu melalukan service atau perbaikan sekurang-kurangnya satu bulan sekali guna memeriksa kondisi kendaraan Anda. Adapun beberapa ciri warna asap pada knalpot kendaraan Anda antara lain.

Mengetahui Kerusakan Mesin Kendaraan Berdasarkan Warna Asap Knalpot

  1. Asap Berwarna Putih

Jika warna asap knalpot kendaraan Anda adalah putih, perlu diperiksa kembali apakah warna tersebut putih tipis ataukah putih tebal. Apabila warna asap putih tipis, maka Anda tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan proses pembakaran dan saluran pembuangan knalpot masih tergolong bersih. Namun, jika warna asap putih tebal, kemungkinan besar terdapat masalah dalam sistem pembakaran kendaraan Anda. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh adanya oli yang masuk ke ruang pembakaran mesin kendaraan Anda. Sebaiknya, Anda perlu membawa mobil atau motor Anda tersebut ke bengkel resmi untuk diperiksa sekaligus diperbaiki.

  1. Asap Berwarna Kebiruan

Selanjutnya, jika warna asap yang dihasilkan oleh knalpot Anda kebiruan maka kemungkinan besar ada sedikit oli yang terbakar di dalam mesin kendaraan Anda. Selain itu, masalah yang bisa terjadi yaitu terdapat kerusakan pada head gasket antara silinder head dengan blok mesin atau blown gasket. Warna asap knalpot yang kebiruan bisa jadi juga karena ring piston atau katup sil yang sudah aus sehingga oli pun menjadi bocor. Apabila kendaraan yang Anda miliki dilengkapi dengan turbo, bisa jadi juga terdapat kendala pada blower yang perlu segera diganti.

  1. Asap Berwarna Abu-abu

Apabila warna asap knalpot kendaraan Anda adalah abu-abu, bisa jadi penyebabnya adalah katup Positive Crankcae Ventilation (PCV) mengalami macet. Fungsi katup PCV adalah untuk mengontrol atau mengetahui jumlah uap dan gas yang masuk melalui ruang mesin kendaraan menuju intake manifold. Untuk mengatasi kendala seperti ini, Anda perlu membawa mobil atau motor Anda ke bengkel resmi guna menghindari masalah mesin kendaraan yang lebih fatal.

  1. Asap Berwarna Hitam

Berikutnya, jika warna asap knalpot Anda hitam, maka penyebabnya adalah pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Oleh sebab itu, diduga ada sisa dari pembakaran tersebut yang keluar melalui knalpot. Anda perlu memeriksa terlebih dahulu ada atau tidaknya kebocoran kompresi, kendala karburator, nyala api busi yang kecil, serta filter udara yang kotor. Selain itu, Anda juga perlu membawa kendaraan Anda ke bengkel supaya kerusakan yang terjadi dapat segera ditanggulangi. Hal ini dikarenakan kondisi seperti ini dapat berdampak pada konsumsi BBM yang lebih boros.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *