Home » Perawatan Mobil » Mengulas Beragam Jenis Pilihan Oli Mobil untuk Anda

Mengulas Beragam Jenis Pilihan Oli Mobil untuk Anda

Oli mobil dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk pelumas mesin mobil. Akan tetapi selain itu oli juga mempunyai banyak fungsi lainnya dan merupakan hal penting untuk diperhatikan agar mobil tetap terawat dan awet. Misalnya saja oli dapat berfungsi sebagai pendingin bagian mesin mobil, dapat digunakan sebagai pelindung mesin agar tidak mudah berkarat, dapat untuk membersihkan dan juga menutup celah yang ada pada dinding mesin, dan juga berbagai fungsi lainnya. Ketika akan memilih oli yang digunakan sendiri ada beberapa jenis yang ada di pasaran dan bisa dipilih dari fungsi yang ingin didapatkan. Contohnya saja beberapa jenis oli yang bisa dipilih adalah sebagai berikut ini:

 

Oli mesin

Jenis oli pertama dapat dipilih adalah oli mesin yang merupakan jenis yang berfungsi sebagai pelumas mesin mobil. Jenis ini akan mempunyai fungsi utama untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara komponen mesin mobil. Selain itu akan dapat membersihkan serpihan logam dengan begitu akan bisa untuk mendinginkan suhu mesin mobil. Bahan dasar dari oli ini adalah mineral, semi sintetik, dan juga full sintetik. Dan perlu diganti apabila mobil sudah mencapai jarak 5000 km hingga 10000 km tergantung apabila sudah tidak nyaman digunakan maka sebaiknya diganti olinya.

Oli transmisi

Jenis oli mobil Selanjutnya adalah oli transmisi yang merupakan jenis oli dengan fungsi untuk sistem transmisinya. Oli ini dapat untuk mempermudah pergantian gigi mobil dan juga dapat untuk mengurangi resiko aus. Jenis mobil transmisi ini cocok digunakan untuk berbagai varian mobil baik mobil matic dan juga mobil manual tetapi nantinya akan mempunyai kegunaan yang berbeda. Dimana untuk mobil dengan mesin manual biasanya jenis oli ini digunakan untuk pelumas sedangkan untuk mesin mobil matic, jenis oli ini digunakan memudahkan perpindahan gigi secara otomatis.

Oli gardan

Jenis oli selanjutnya yang bisa dipilih adalah oli gardan yang juga berfungsi sebagai pelumas. Oli ini berfungsi untuk menghubungkan transmisi ke gardan sehingga akan membuat kinerja mesin lancar. Oli gardan ini harus diganti secara rutin karena apabila tidak nantinya mobil akan mengeluarkan bunyi yang berdengung sehingga mengurangi kenyamanan mobil karena menimbulkan polusi suara ketika mobil digunakan.

Oli rem

Dan jenis oli mobil lainnya yang dapat dipilih adalah oli rem yang juga dikenal dengan nama minyak rem. Oli ini mempunyai banyak fungsi yang bisa didapatkan tetapi pada umumnya berfungsi untuk sistem pengereman mobil. ketika akan memilih oli rem pilihlah jenis yang memiliki sifat berubah drastis karena akan lebih melindungi mobil agar tidak mudah berkarat. Biasanya ketika menggunakan minyak rem ini harus rutin menggantinya dalam waktu dua hingga tiga tahun.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *