Home » Tips dan Trik » Mengulas Berbagai Jenis Oli Mobil yang Tepat Dipakai Sesuai dengan Bagiannya

Mengulas Berbagai Jenis Oli Mobil yang Tepat Dipakai Sesuai dengan Bagiannya

Apapun jenis mesin yang ada disekeliling kita, pastinya mesin tersebut membutuhkan oli atau cairan pelumas agar dapat berjalan dengan baik tanpa ada terciptanya masalah pada mesin tersebut. Sama halnya dengan mobil, ternyata mobil juga membutuhkan cairan tersebut agar mesinnya dapat berjalan dengan baik. Mobil memang dikenal memiliki banyak sekali komponen dan juga memerlukan berbagai jenis mesin di dalamnya agar kendaraan tersebut dapat berjalan. Namun, perlu Anda ketahui, bukan hanya satu macam oli mobil saja yang diperlukan agar semua mesin dan bagiannya dapat berjalan dengan baik, namun nyatanya ada beberapa bagian yang memerlukan jenis oli yang juga berbeda. Berikut ini adalah beberapa macam oli yang diperlukan oleh sebuah mobil agar dapat berjalan dengan baik dan juga lebih membuat Anda merasa nyaman ketika mengendarainya.

Mengulas Berbagai Jenis Oli Mobil yang Tepat Dipakai Sesuai dengan Bagiannya 

  • Oli Mesin

Jenis oli pertama yang dibutuhkan oleh sebuah mobil agar bisa berjalan dengan baik adalah oli mesin. Ketika Anda sudah mencapai jarak tempuh tertentu, biasanya Anda dituntut untuk mengganti oli. Jenis oli inilah yang harus rutin Anda ganti. Penggantian tersebut ternyata berfungsi untuk membuat kerusakan atau masalah bisa dengan minim timbul pada mobil kesayangan Anda. Terlebih diketahui bahwa mesin mobil setiap hari mengalami gesekan dengan komponen lain dan juga berada dalam suhu yang tinggi. 

  • Oli Gardan

Bagian dari garden ini memang tidak terlihat secara langsung karena terletak pada bagian bawah mobil dan berfungsi sebagai penghubung transmisi dengan bagian poros roda. Jenis oli mobil ini juga sangat penting dan dibutuhkan agar ketika memasukkan gigi, Anda tidak akan mengalami masalah dan dapat menggantinya dengan mudah dan cepat. Namun, jenis oli ini tidak perlu sering diganti, cukup menggantinya setelah Anda sudah mengganti oli mesin sebanyak 2 hingga 3 kali, terkecuali jika ada terjadinya masalah pada bagian tersebut.

  • Oli Rem

Ternyata, bagian rem mobil juga memakai jenis oli yang berbeda dengan bagian lainnya. Bagian ini tentunya harus selalu Anda perhatikan karena memiliki fungsi krusial yang dapat mengancam keselamatan Anda. Pastikan selalu jika oli pada bagian ini selalu tersedia agar saat memakainya pun Anda tidak akan mengalami kesulitan dan tetap nyaman mengendarai mobil. Jika terjadi masalah pada bagian ini, maka mobil Anda pun akan sulit untuk dikendalikan dan bisa berujung dengan kecelakaan.

  • Oli Transmisi

Jenis oli mobil lainnya yang juga sangat dibutuhkan agar mobil dapat melaju dengan aman dan nyaman adalah oli transmisi. Jenis ini sangat penting bagi Anda yang masih memakai mobil manual. Dengan selalu menjaganya, maka Anda pun akan lebih mudah dan merasa nyaman ketika akan mengganti gigi. Jika sedang memakainya dan Anda merasa bagian tersebut tersendat, maka periksalah kondisi oli bagian tersebut.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *