Home » Aksesoris Mobil » Mengulas Tentang Jenis Kaca Spion Mobil dan Cara Merawatnya

Mengulas Tentang Jenis Kaca Spion Mobil dan Cara Merawatnya

 

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang banyak digunakan saat ini. Mobil lebih dipilih karena memiliki banyak kelebihan seperti dapat menampung penumpang lebih dari 4 orang, dapat terhindar dari panas matahari pada siang hari dan hujan, dan tidak perlu takut terkena debu maupun asap kendaraan lainnya. Penumpang juga tidak perlu khawatir karena mobil telah dilengkapi dengan alat multimedia sehingga penumpang tidak bosan. Mobil memiliki beberapa komponen atau bagian yang perlu diperhatikan dan sangat penting yaitu kaca spion. Kaca spion mobil memampukan pengemudi dapat melihat bagian belakang saat hendak belok dan saat memarkir mobil diluar ruangan.

 Berikut adalah jenis-jenis spion mobil dan manfaatnya:

 Mengulas Tentang Jenis Kaca Spion Mobil dan Cara Merawatnya

  • Anti Glare Properties, dipasang dengan cara memasang cermin dengan permukaan yang kacanya yang tidak sejajar dengan cermin yang berada di belakangnya. Kaca ini mampu merefleksikan lebih sedikit cahaya sehingga pada malam hari mampu melindungi cahaya terang dari headlamp mobil lain.
  • Automatic Dimming, dengan sistem dilengkapi sensor forward looking berfungsi mendeteksi low ambient light dari belakang mobil. Cermin akan meredup tergantung pada intensitas silauan cahaya dan sensor electromatic yang menghilangkan redupan ketika cahaya silau sudah tidak ada.
  • Blind Spot Mirrors, cermin ini dapat ditaruh pada dashboard atau disamping spion, dengan posisi pada daerah yang mengalami blind spot sekitar sudut antara 135 dan 225 derajat dan dapat menggunakan pelekat untuk menempelkannya.

Selain itu ada juga mounting style, merupakan variasi kaca yang ditempelkan pada dashboard atau windshield dan dapat diletakkan pada interior atap. Biasanya untuk spion cadangan pilihan jika mengalami kerusakan. Spion racing biasanya untuk mobil racing dan memberikan pantulan cermin lebih baik sehingga keamanan berkendara lebih baik. Untuk harganya tergantung pada kualitas dari yang ditawarkan pasar. Beberapa kaca spion mobil juga didesain khusus sesuai kebutuhan mobil tersebut sehingga tetap menjamin kenyamanan pengemudi.

 Berikut adalah cara merawatnya: 

  • Lekas bersihkan jika spion kotor, jika tidak maka akan membuat jamur tumbuh dan jika terkena matahari akan membuat kotoran kuat menempel.
  • Jangan gunakan pembersih multiguna, karena dapat mengandung busa dan meninggalkan goresan dan noda pada spion.
  • Jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke spion, semprotkan ke kain pembersih. Cara ini untuk menghindarkan spion dari bintik-bintik akibat cairan pembersih.

 Baca juga http://pelapakmobil.com/

Selain itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung saat dibersihkan sebaiknya pada tempat yang teduh. Permukaan spion yang panas dan saat dibersihkan dengan cairan pembersih dapat meninggalkan bintik-bintik dan garis-garis yang terkadang susah hilang. Dengan merawat kaca spion mobil maka pengemudi akan tetap aman dalam berkendara dan mampu menghindari berbagai kemungkinan yang terjadi di jalanan dengan sangat baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *