Home » Tips dan Trik » Merawat Ban Mobil Tidak Sulit, Lakukan Perawatan Termudah Ini Setiap Harinya

Merawat Ban Mobil Tidak Sulit, Lakukan Perawatan Termudah Ini Setiap Harinya

Seluruh bagian dan juga komponen yang digunakan dalam sebuah kendaraan pastinya bersifat penting dan harus Anda perhatikan agar tidak mengganggu aktivitas dan juga kinerja dari kendaraan tersebut. Hal ini juga berlaku pada mobil, yang dimana memiliki begitu banyak komponen serta bagian yang penting dalam pengoperasiannya. Salah satu bagian yang juga memiliki peran penting agar mobil dapat berjalan dengan baik adalah ban mobil. Komponen tersebut haruslah Anda perhatikan dan rawat setiap harinya agar mobil dapat berjalan dengan lebih mulus dan juga maksimal. Sebagian besar dari penggunanya memiliki pemikiran bahwa merawat komponen tersebut setiap harinya pasti sangat sulit, memakan tenaga dan juga memakan waktu. Namun hal tersebut tentu salah karena merawat bagian penting dari mobil tersebut sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang banyak. Berikut inilah beberapa jenis perawatan ban yang bisa Anda berikan setiap harinya agar komponen tersebut dapat dipergunakan dengan baik

Merawat Ban Mobil Tidak Sulit, Lakukan Perawatan Termudah Ini Setiap Harinya

  • Periksa Tekanan Angin

Hal paling pertama yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk perawatan dan juga memperhatikan ban adalah dengan memeriksa selalu tekanan anginnya. Pastikan jika tekanan angin yang ada dalam ban stabil sehingga ban tersebut pun tidak akan cepat rusak. Jika tidak diperhatikan dan ternyata tekanan anginnya kurang, maka hal ini akan membuat penggunaan bahan bakar semakin boros karena mesin harus bekerja dengan lebih akibat tarikan yang terasa berat. Pastikan untuk memeriksanya agar ban menjadi awet serta keamanan dalam berkendara pun selalu terjaga.

  • Gunakan Ban Standar

Ban mobil yang dipergunakan oleh masyarakat Indonesia sekarang ini sudah banyak tipe dan jenisnya. Kebanyakan dari mereka mengganti ban asli dengan ban baru yang memiliki desain unik agar tampilan mobil terlihat lebih baik. Agar komponen tersebut dapat lebih awet, maka lebih baik jika dari awal Anda memilih jenis ban yang sudah mengantongi atau lulus uji standar karena hal ini sangat penting untuk keselamatan berkendara juga.

 

  1. Rotasi Ban

Selanjutnya, Anda juga bisa merawat komponen tersebut dengan melakukan rotasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menukar posisi dari ban tersebut dengan berkala atau sesering mungkin. Semua itu dikarenakan ban bagian depan lebih sering mengalami gesekan ketika berbelok dan membuatnya lebih cepat gundul. Lebih baik untuk sering menukar ban depan dengan ban belakang agar ban tidak cepat gundul dan lebih awet. 

  • Menghindari Lubang dan Beban Berat

Tips terakhir yang bisa Anda gunakan sebagai merawat ban mobil kesayangan Anda adalah dengan menghindari melintasi jalanan yang berlubang serta membawa beban di dalam mobil dengan sewajarnya dan juga tidak berlebihan. Jika membawa beban diluar kapasitasnya, maka hal tersebut akan membuat ban memiliki resiko lebih cepat pecah dan juga membahayakan keselamatan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak dan hati-hati.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *