Home » Tips dan Trik » Mobil Injeksi Anda Sangat Terasa Boros? Inilah Beberapa Penyebabnya!

Mobil Injeksi Anda Sangat Terasa Boros? Inilah Beberapa Penyebabnya!

Berbeda dengan mobil zaman dulu, kendaraan roda empat yang satu ini semakin berkembang dan menghadirkan sesuatu yang baru seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan masyarakat Indonesia, karena pasalnya mobil zaman sekarang sudah dibekali dengan berbagai teknologi yang sangat canggih dan juga beberapa fitur yang membuat mereka semakin merasa nyaman dan aman ketika mengendarai kendaraan tersebut. Salah satu dari kemajuannya terasa pada bagian mesinnya, dimana sekarang ini sudah ada jenis mobil injeksi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jenis ini begitu digemari masyarakatnya karena terkenal sangat irit, dimana konsumsi bahan bakarnya sangat sedikit meski digunakan seharian. Namun, yang namanya dibuat dengan teknologi dan juga berupa sebuah mesin, maka wajar saja jika sewaktu-waktu mengalami masalah atau pun kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus merawatnya dengan baik dan mengetahui beberapa alasannya mesin tersebut dapat boros atau pun mengalami masalah. Berikut inilah beberapa penyebab mesin menjadi lebih boros:

 Mobil Injeksi Anda Sangat Terasa Boros? Inilah Beberapa Penyebabnya!

  • Piston Aus

Hal paling pertama yang memungkinkan untuk mobil dengan tipe injeksi yang terkenal sangat irit tiba-tiba mengalami masalah dan menjadi boros adalah karena piston dan juga ringnya yang bekerja tanpa henti dan hal tersebut pun membuat komponennya terkikis. Akibatnya, bagian kompresi kendaraannya pun menjadi lebih berkurang, serta performa dari mesin mobilnya semakin menurun. Kompresi mesin yang semakin rendah dapat membuat tarikan dari mesin tersebut semakin lambat dan tidak memiliki tenaga. Hal tersebutlah yang membuat mobil lebih banyak memakan bahan bakar.

  • Nozzle Injektor Tersumbat

Salah satu penyebab lainnya yang membuat mobil injeksi lebih cepat boros adalah karena bagian nozzle injektornya yang tersumbat. Lubang yang dimilikinya sangatlah kecil sehingga kemungkinan tersumbat lebih besar. hal yang membuatnya tersumbat biasanya karena kotoran yang berasal dari sisa bahan bakar. Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin membersihkan bagian ini agar tidak menimbulkan masalah yang besar pada mobil.

  • Filter Udara yang Kotor

Ternyata kotornya bagian filter udara juga dapat membuat mobil dengan teknologi injeksi ini semakin boros. Pasalnya, kotoran yang ada dapat menyumbat aliran udara yang ada pada sistem pembakaran. Selanjutnya, hal tersebut akan membuat pembakarannya semakin berkurang dan muncul knocking pada mesin mobil. Hal itulah yang membuatnya semakin boros serta kerjanya pun tidak maksimal lagi.

  • Mesin Overheating

Penyebab selanjutnya yang dapat membuat mobil injeksi mengalami keborosan adalah karena mesin yang overheating. Hal tersebut dapat terjadi jika pendinginnya tidak dapat bekerja secara optimal dan membuat beberapa bagian dari mesin mengalami pemuaian dengan ekstrim. Biasanya hal ini akan menyerang bagian silinder dan juga piston. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat mesin semakin berat dan lambat ketika berjalan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *