Home » Tips dan Trik » Mobil Mogok Tiba-tiba? Anda Bisa Cek Bagian Mesin Mobil Ini!

Mobil Mogok Tiba-tiba? Anda Bisa Cek Bagian Mesin Mobil Ini!

Memiliki mobil mengharuskan Anda untuk memiliki sedikit pengetahuan mendasar mengenai kendaraan roda empat tersebut, misalnya bagian-bagian dari mobil. Salah satunya adalah cara mengatasi mobil yang mogok secara tiba-tiba. Kondisi mobil tidak bisa Anda tebak walaupun kendaraan tersebut sebelumnya sudah dicek. Salah satu kasus yang banyak dialami adalah mobil yang tiba-tiba mogok. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, Anda bisa mengecek mesin mobil Anda sebelum Anda menelpon bengkel untuk memperbaiki kendaraan Anda.

Pertama adalah pemasok daya atau aki. Hal tersebut disebabkan karena umumnya jika mobil mogok sering disebabkan karena masalah pada aki, misalnya sambungan katup atau kepala aki yang kendor atau terjadi korosi. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa mengencangkan baut kutub aki tersebut dan juga membersihkan kotoran yang melekat di sekitar aki. Selain itu, cek apakah aki tersebut tidak kekurangan setrum.

Kedua adalah periksa sisi pengapian atau bagian businya. Hal tersebut disebabkan karena jika busi yang ada di mobil tersebut kotor atau bahkan mati atau aus, maka mesin mobil bisa mati atau ngadat. Anda bisa mencoba untuk membersihkan busi tersebut dari kotoran dan debu yang menempel dan pastikan jika pada busi tersebut koneksi atau sambungannya terpasang dengan benar. Akan tetapi, jika ternyata setelah Anda pasang sambungannya dengan benar dan busi sudah dibersihkan namun mobil tetap tidak bisa dihidupkan, maka bisa jadi busi tersebut aus atau sudah mati dan solusinya, Anda harus mengganti busi tersebut dengan yang baru.

Ketiga adalah cek penyuplai bahan bakar. Hal tersebut disebabkan karena salah satu yang menyebabkan mesin kendaraan roda empat tersebut mati karena karburator mobil kotor ataupun karena kekurangan bensin. Anda bisa membersihkan karburator tersebut terlebih dahulu kemudian buka filter angin karburator dan hidupkan mesin lalu injak dalam-dalam. Pastikan mobil sudah dalam posisi gear normal agar tidak menyebabkan mobil menabrak sesuatu saat di gas. Jika mobil sudah bisa hidup, lepaskan injakan pedal gas.

Keempat adalah cek bagian pompa bensin apakah berjalan dengan baik atau tidak. jika bensin tetap mengalir walau Anda sudah melepaskan selang bahan bakar maka berarti pompa bensin berjalan dengan baik dan Anda harus mengecek bagian lainnya. kelima adalah periksa switcher starter. Banyak yang mengira jika mobil mogok disebabkan karena masalah pada mesin mobil, namun bisa terjadi juga karena arusnya kabel penghubung plus minus. Jika Anda dekat dengan toko onderdil, Anda bisa langsung membeli dan mengganti dengan starter yang baru. Namun, jika masih di tengah perjalanan, Anda bisa menyambungnya dengan peniti atau kawat kecil tajam. Jadi, pastikan Anda mengecek bagian dari mobil tidak hanya bagian mesin, untuk menghindari resiko terjadi masalah pada mobil termasuk mobil yang tiba-tiba mogok!

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *