Home » Tips dan Trik » Mobil Bekas Berpenampilan Kurang Menarik? Modifikasi Kembali Menjadi Seperti Mobil Baru!

Mobil Bekas Berpenampilan Kurang Menarik? Modifikasi Kembali Menjadi Seperti Mobil Baru!

mobil bekas

Baru saja membeli mobil bekas? Dibandingkan dengan membeli mobil baru, memang kendaraan bekas jauh lebih murah untuk Anda yang sedang tidak ada dana, tapi perlu alat transportasi pribadi. Kalau Anda jeli dalam memilihnya, seharusnya mobil bekas Anda tersebut tampilannya masih cukup kinclong, dan sekilas tidak terlalu jauh bedanya dengan mobil produksi baru. Apalagi kalau Anda membeli mobil bekas keluaran produksi tahun 2010 ke atas.

Tetap saja, yang namanya mobil bekas, pasti akan ada bekas goresan, cat yang mengelupas di beberapa sudut, mungkin juga pintu mobil yang lecet, dan kaca film yang sudah mulai lepas. Kalau Anda melihat mobil Anda, pasti salah satu kondisi di atas akan terlihat. Supaya mobil bekas ini tak terlihat terlalu kusam, Anda perlu mempermaknya sehingga tampak seperti baru lagi. Melakukan permak untuk mobil ini bisa mencakup bagian luarnya saja, alias estetikanya, atau Anda bisa sekalian mengganti bagian jeroan mobil. Simak cara-caranya berikut ini!

Baca juga: Tips Modifikasi Mobil dengan Budget Minimal

Ada banyak cara supaya mobil bekas Anda ini terlihat bagaikan mobil baru. Pertama-tama, cara yang paling mudah adalah dengan memberikan aksesoris di mobil Anda. Ini beberapa macam aksesoris yang bisa Anda pasang:

  • Lampu halogen bisa menjadi pilihan untuk membuat tampilan mobil di malam hari menjadi lebih eksklusif. Cahayanya pun juga lebih terang. Brand seperti Autovision Apex bisa jadi pilihan.
  • Memasang sideskirt dan mengganti velg mobil dengan velg racing juga akan membuat tampilan mobil lebih sangar.
  • Mengganti seat cover mobil dengan warna yang lebih dinamis, membuat interior menjadi lebih segar dan baru.

Cara lain yang sangat efektif dan mudah dilakukan adalah dengan cara sederhana, yaitu mencuci mobil dan membuat catnya mengkilap kembali! Bahkan mobil dengan model yang kuno sekalipun akan tampak seperti baru jika dipoles dengan baik. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Cuci mobil Anda dengan air dan deterjen, atau sekalian saja ke tempat pencucian mobil agar pembersihan lebih menyeluruh.

Baca juga : Tips Mencuci Mobil yang Tepat

  • Jika mobil memiliki noda atau bercak, amplas dengan hati-hati menggunakan air, berikan kompon di bodinya, lalu gunakan pengkilap seperti Sanpoly.
  • Jika ternyata cat mobil terkikis, Anda harus mengecat ulang mobil Anda di bengkel.
    Berikan wax di permukaan mobil sehingga cat mobil menjadi terlindung dan terlihat lebih mengkilap.

Selain dengan cara memberikan aksesoris dan mengkilapkan mobil kembali, Anda juga memiliki kesempatan untuk melakukan pembaharuan mobil seperti berikut:

  • Mengganti ban mobil dengan yang baru, lalu bersihkan ban dengan wheel cleaner seperti Diablo, Sonax, dan Polyglaze.
  • Ganti semua oli di dalam mobil Anda yang sudah lama, dengan oli yang baru sehingga mesin pun bisa bekerja lebih baik seperti baru. Oli yang bisa Anda pakai misalnya saja Shell Helix yang sangat direkomendasikan, Castrol, maupun Rextron.
  • Memasang kaca film untuk mobil Anda sehingga membuat tampilan mobil jadi lebih keren.
    Atau bisa juga Anda melakukan modifikasi dengan memasang sticker atau mengecat ulang badan mobil dengan motif sesuai selera Anda.

Itulah cara-cara untuk membuat mobil bekas Anda menjadi kinclong kembali, dan tampak seperti mobil baru. Dengan cara ini, Anda sebenarnya tidak mengeluarkan uang terlalu banyak, apalagi jika dibandingkan dengan membeli mobil yang baru, yang harganya bisa sampai ratusan juta Rupiah sendiri. Tentu saja dengan catatan, Anda memilih mobil bekas yang memang masih bagus, baik di dalam maupun luarnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *