Home » Modifikasi Mobil » Modifikasi Mobil Ceper yang Benar

Modifikasi Mobil Ceper yang Benar

Pabrikan mobil sejak awal sudah mendesain kendaraan dengan tinggi sesuai hasil riset dan survey. Namun bagi beberapa orang, tampilan mobil yang mereka beli akan lebih bagus jika tinggi bodinya dikurangi. Inilah yang dikenal dengan modifikasi mobil ceper. Caranya adalah dengan menurunkan tinggi mobil dengan berbagai cara, mulai dari mengganti per hingga mengganti kaki-kaki dengan komponen aftermark. Sementara keuntungan yang didapat selain penampilan yang gagah, mobil akan lebih stabil saat melaju kencang terutamanya di tikungan. Lalu, bagaimana cara yang benar yang bisa kita lakukan untuk memodifikasi mobil?

Performa Canggih dari Canon EOS 77D bagi Para Fotografer

Coilover

Coilover atau coil spring over shock adalah per yang menyatu dengan shockbreaker. Coilover ini memiliki pengaturan untuk besaran rendah atau turun naiknya mobil. Selain itu juga memiliki jenis yang dapat mengatir keras empuknya shock. Tipe lainnya juga ada yang dilengkapi camber kit suntuk mengatur camber. Semakin lengkap fungsinya, otomatis semakin mahal juga harganya.  

Air Suspension

Metode dengan menggunakan air suspension ini Anda akan melakukan modifikasi mobil ceper dengan bantuan kantong udara. Udara yang masuk menyerap energi dengan baik sehingga menyebabkan kenyamanan air suspension. Udara pada kantong yang berbentuk seperti ban mini diatur melalui kompresor yang biasanya ditempatkan pada bagasi belakang. Untuk mengatur turunnya mobil kita cukup menekan tombol saja berbeda dari coilover yang mengharuskan kita untuk membuka ban terlebih dahulu.

Lowering Springs

Lowering springs juga lebih dikenal sebagai sport springs atau per sport. Per ini merupakan per khusus yang memang didesain untuk merendahkan mobil. Cara yang satu ini adalah yang paling ekonomis dibandingkan kedua cara sebelumnya. Umumnya, lowering springs didesain menyesuaikan dengan shock bawaan. Hal yang sering salah dilakukan orang adalah karena menggunakan shock dan lowering springs berbeda merek. Hal ini dapat memicu per menjadi terlalu kaku dibandingkan dengan shock. Ini membuat penggunaan lowering springs terkadang mengakibatkan handling mobil tidak senyaman menggunakan coilover yang mana per dan shock sudah satu paket.

Modifikasi Mobil Ceper yang Tidak Benar

Selain cara-cara di atas, ada beberapa cara lain untuk merendahkan mobil yang justru keliru dan tidak aman dilakukan. Metode-metode tersebut diantaranya adalah:

  • Menjepit uliran per yang membuat per rapat dan mobil menjadi lebih rendah.
  • Memotong per standar bawaan pabrik.
  • Jarak mounting diperpanjang atas shock dengan menggunakan bolt/spacer.
  • Menggunakan per bawaan untuk merek atau tipe mobil tanpa ada perhitungan yang cermat.

Komponen per atau shock sebenarnya sudah didesain dan diperhitungkan sedemikian rupa oleh sang produsen. Baik dari segi material, ukuran, desain hingga jumlah ulir. Dengan memodifikasi atau mengakalinya dengan cara yang sembarangan, tentu akan berdampak buruk bagi peforma kendaraan. Belum lagi adanya risiko kerusakan yang merembet yang bida mengurangi umur komponen kaki-kaki lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *