Home » Onderdil Mobil » Pahami Peratutan Ganjil-Genap Plat Kendaraan Bermotor di Jakarta

Pahami Peratutan Ganjil-Genap Plat Kendaraan Bermotor di Jakarta

Pemberlakuan Ganjil-genap Jakarta merupakan strategi pemerintah dalam upaya mengurangi kemacetan. Namun pertanyaanya, apakah hal tersebut dapat berjalan efektif, mengingat Jakarta adalah pusat kegiatan perekonomian dan jumlah kendaraan baru yang datang terus bertambah.

Peraturan yang diterapkan mulai tanggal 1 Agustus 2018 ini diharapkan memberikan banyak dampak selain mengurangi kemacetan, juga mampu meningkatkan kesadaran warga agar mau memakai fasilitas kendaraan umum.

Bahkan pemerintah tidak main-main untuk hukuman ganjil genap ini, bagi siapa saja yang melangar bisa disanksi dengan biaya tertentu sampai pada satu kondisi petugas yang berwenang bisa membawa kendaraan yang melanggar peraturan tersebut.

Namun, hal ini dapat dikatakan kurang efektif karena banyaknya yang memiliki kendaraan lebih dari satu. Selain karena di Jakarta banyak dari kalangan menengah ke atas, juga kemudahan membeli mobil menjadi faktor kurang efektif dari peraturan ganjil genap.

Di lain sisi, masih banyak masyarakat yang belum terbiasa dengan peraturan ganjil genap ini. Oleh karena itu catat baik-baik informasi ganjil genap di bawah ini.

  1. Plat Nomor dan Tanggal

Untuk mengetahui kendaraan mana yang boleh dibawa berdasarkan peraturan ganjil genap, Plat kendaraan bermotor disesuaikan dengan tanggal. Apabila plat kendaraan bermotor kalian ganjil maka hanya dapat dibawa pada saat tanggal ganjil seperti 1,3,5,7 dan seterusnya.

Bagaimana dengan plat nomor yang nomor akhirnya adalah 0? Apakah termasuk ganjil, genap, atau bisa keduanya?. Plat yang nomor akhirnya 0 sudah pasti hanya boleh di tanggal genap, kalau masih bingung caranya adalah ambil dari dua nomor terkahir seperti 10,20 atau 30 dan angka tersebut adalah angka genap.

  1. Jam Operasional

Bagi kalian yang memiliki satu kendaraan jangan terlalu khawatir, karena peraturan ini tidak seharian penuh, jam operasional dari ganjil genap hanya 15 jam. Mulai dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Bisa kalian siasati dengan berangkat lebih awal dan pulang lebih malam, sehingga terbebas dari peraturan ganjil genap.

  1. Hari Libur Tidak Berlaku

Ganjil genap pertama kali dijalankan ketika Asian Games tengah berlangsung, dan peraturan tersebut dijalankan selama satu minggu penuh atau setiap hari. Peraturan ini berubah setelah Asian Games selesai, tetap ada ganjil genap namun tidak berlaku di hari libur.

Jadi jangan harap hari libur tidak akan ada kemacetan, malah tidak jarang pada hari libur kemacetan menjadi semakin panjang karena kendaraan manapun bisa keluar untuk menikmati akhir pekan.

  1. Kendaraan Bebas Ganjil Genap

Buat kalian yang melihat mobil dengan plat dan tanggal yang tidak sesuai namun tidak disanksi oleh pihak berwenang, kalian jangan iri, karena ada beberapa kendaraan yang terbebas dari peraturan ganjil genap. Kendaraan tersebut adalah.

  • Kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara Indonesia yaitu, Presiden atau Wakil Presiden, Ketua MPR/DPR/DPD, dan ketua MA/MK/KY/BPK.
  • Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
  • Kendaraan operasional TNI dan Polri.
  • Kendaraan pemadam kebakaran dan ambulance
  • Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
  • Kendaraan angkutan umum dengan memakai plat kuning.
  • Kendaraan angkutan bahan bakar minyak dan bahan bakar gas.
  • Sepeda motor.
  • Kendaraan yang membawa masyarakat difabel.
  • dan Kendaraan untuk kepentingan khusus dengan pengawasan Polri.

 

Kebijakan seperti apapun akan sulit berhasil apabila masyarakat tidak mau bekerja sama. Oleh karena itu biasakan dari sekarang untuk naik kendaraan umum, selain bisa mengurangi kemacetan, sampai tempat tujuan tanpa capek membawa kendaraan.

 

Sumber gambar:

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=https%3A%2F%2Fwww.wisatalah.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2FJadwal-Peraturan-Ganjil-Genap-Hari-Ini.jpg&f=1

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *