Home » Onderdil Mobil » Panduan Memilih Spare Part Mobil Ex-Singapore

Panduan Memilih Spare Part Mobil Ex-Singapore

Kala mobil mengalami kerusakan dan suku cadang atau spare part yang baru terasa mahal, maka salah satu alternatif solusi yang dapat kita ambil adalah dengan membeli bekas atau second. Dan biasanya, banyak pemilik mobil yang kemudian memilih untuk membeli suku cadang mobil bekas import dari bengkel atau toko onderdil yang ada di Singapura. Atau yang lebih dikenal dengan istilah suku cadang ex-Singapore. Memang saat ini ada banyak bengkel yang menyediakan suku cadang yang sedemikian rupa. Hanya saja tak semuanya masih dalam kondisi baik dan layak dipakai. Berikut ini tipsnya:

  • Prioritaskan mesin utama mobil dapat bekerja maksimal dan jika ada kejanggalan yang berasal dari suara mesin maka segera bawa ke bengkel.
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan montir bagaimana pengaruhnya suku cadang yang rusak tersebut terhadap komponen lain.
  • Bila memang perlu untuk turun mesin dan onderdilnya harus diganti maka pilihlah suku cadang yang orisinal dan baru. Jika tidak ada, barulah mencari second.

Adapun beberapa jenis spare part ex-Singapore yang banyak tersedia di toko-toko onderdil di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kompresor AC.

Jarang sekali kerusakan kompresor AC yang bisa dilihat secara fisik. Biasanya kerusakan baru bisa diketahui saat kompresor AC sudah terpasang lalu dinyalakan. Jika ketika dinyalakan tidak timbul bunyi yang berisik atau tidak normal maka kemungkinan besar bahwa ada kerusakan pada komponen tersebut. Bisa karena bearing atau piston yang ada di dalamnya. Maka dari itu, mintalah garansi sehingga Anda bisa menukarkannya jika terdapat masalah setelah pemasangan kompresor AC.

  • Wiper.

Suku cadang ini juga cukup banyak dicari para pemilik mobil terutama untuk mobil keluaran lama yaitu tahun 2000’an ke bawah. Biasanya mobil yang sudah cukup berumur, akan ada penurunan kinerja wiper seperti putarannya yang melemah karena termakan usia. Harga motor wiper sebenarnya cukup mahal, antara 200 hingga 300 ribu rupiah, itupun dalam kondisi bekas ex-Singapore. Bagaimana dengan yang kondisinya masih baru? Tentu jauh lebih mahal. Untuk memeriksa kondisinya, Anda dapat mencobanya langsung dengan melakukan tes kerja wiper saat akan membelinya.

  • Kipas radiator elektrik

Kipas radiator elektrik atau electric radiator fan merupakan spare part yang berfungsi untuk menjaga serta menurunkan suhu dalam mesin yang juga banyak dicari pemilik mobil. Tips untuk membeli electric fan ex-Singapore adalah pastikan bahwa kondisi setiap bagiannya normal, tak ada yang rusak atau patah. Pastikan juga membeli suku cadang yang original untuk menjamin keawetannya. Tips lainnya, jangan lupa membawa langsung onderdil atau komponen yang perlu diganti saat akan membeli suku cadang, agar lebih mudah pencariannya.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *