Home » Tips dan Trik » Pastikan Memilih Oli Mobil yang Pas untuk Kendaraan Anda

Pastikan Memilih Oli Mobil yang Pas untuk Kendaraan Anda

Oli memiliki fungsi sebagai pelumas mesin yakni untuk menjadikan komponen yang ada di dalam mesin tidak saling berbenturan. Sehingga ia bisa bekerja dengan mulus dan memberikan performa terbaik bagi kendaraan yang Anda miliki. Apabila salah dalam memilih oli mobil, hal ini akan memberikan dampak yang kurang baik pada kinerja mesin mobil Anda.

Pastikan Memilih Oli Mobil yang Pas untuk Kendaraan Anda

Bagaimana Jika Berganti-Ganti Oli?

Tidak jarang orang melakukan pergantian pada oli yang digunakan untuk mobilnya karena mengetahui bahwa ada merek yang memiliki kualitas lebih bagus daripada yang biasa digunakan. Hal ini sebenarnya tidak akan mempengaruhi kinerja pada mesin mobil Anda. Anda bisa memilih oli mobil yang memiliki tingkat kekentalan yang sama sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda. Saat melakukan pergantian, pastikan Anda membersihkannya dengan benar hingga tidak ada sisa oli lama yang terdapat di dalam mesin.

Memilih Pelumas yang Pas

Banyak jenis oli yang dijual di pasaran. Jika Anda pergi ke bengkel, Anda akan ditawari dengan jenis oli yang paling cocok untuk mesin kendaraan Anda. Tetapi sebaiknya dalam memilih oli mobil Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

Pahami Bagaimana Karakter Mesin Anda

Untuk memilih oli yang sesuai, Anda bisa melihat kembali manual book pada kendaraan yang Anda beli. Di sana sudah dijelaskan jenis mesin yang digunakan pada kendaraan Anda dan jenis oli yang paling sesuai. Sehingga Anda bisa mendapatkan pelumas yang cocok dan mesin Anda terjaga keawetannya.

Perhatikan Bahan Pembuat Oli

Bahan oli mobil dibedakan menjadi sintetik dan non sintetik. Oli sintetik dibuat dari bahan-bahan kimia yang bersifat aditif sedangkan untuk oli non sintetik secara alami terbentuk karena ekstraksi minyak bumi. Pada oli sintetis, ia lebih sesuai dengan mobil keluaran terbaru dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya seperti penguapan lebih rendah karena lebih stabil saat suhu tinggi, tahan terhadap terjadinya gesekan dan mampu melumasi mesin dengan baik, ekonomis, dan mampu menjaga kebersihan mesin. Maka dari itu, banyak yang menggunakan oli yang berbahan sintetik.

Periksa Kekentalan Oli

Tidak semua oli dapat menjadi pelindung bagi mesin Anda. Perbedaan ini diakibatkan oleh kekentalan cairan oli yang harus sesuai dengan jenis mesin tertentu. Anda bisa memeriksanya dengan melihat nomor SAE atau Society of Automotive. Semakin besar angkanya maka semakin kental oli tersebut.

Hati-Hati Oli Palsu

Banyaknya produk palsu membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih oli mobil. Beberapa hal untuk menghindarinya adalah dengan memahami perbedaan oli asli dengan palsu. Oli asli memiliki warna kuning jernih seperti kelapa sawit sedangkan yang palsu berwarna hitam pekat. Oli palsu juga cukup kasar saat dipegang karena memikiki kandungan logam dan bau yang muncul juga sangat tengik.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *