Home » Tips dan Trik » Pelajari Tips Merawat Mobil Tua agar Tetap Memiliki Performa Optimal

Pelajari Tips Merawat Mobil Tua agar Tetap Memiliki Performa Optimal

Keindahan merupakan bagian dari nilai seni. Bukan hanya pada karya seperti lukisan, karya seni bisa juga dilihat dalam bentuk mobil tua. Kendaraan yang sudah memiliki umur lama bisa juga menjadi koleksi yang memiliki banyak kenangan bagi pemiliknya. Tidak jarang, orang-orang merawatnya lebih dari mobil yang saat ini sedang beroperasi. Alasan adanya perawatan khusus pada mobil-mobil dengan usia lama ini dikarenakan onderdil atau komponennya yang sudah sulit dicari. Kalaupun ada, biaya yang dibutuhkan pun sangat besar.

Pelajari Tips Merawat Mobil Tua agar Tetap Memiliki Performa Optimal

Jangan salah bahwa merawat mobil tua tidak bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini akan dibahas mengenai perawatan mobil antik dengan baik dan benar yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Tentunya, langkah ini menjadi salah satu alternatif untuk berhemat.

Lakukan Pengecekan Secara Teratur

Melakukan pemeriksaan kondisi mobil tua Anda harus dilakukan secara berkala. Hal ini dikarenakan mobil dengan usia yang sudah lama memiliki karakteristik mesin yang rentan mengalami kerusakan. Anda juga harus melakukan pengecekan pada seluruh komponen mobil. Jika dirasa sudah mulai menurun kinerja sang mobil, cobalah untuk melakukan tune-up dengan membawanya ke bengkel-bengkel terdekat.

Lakukan Pengecekan Kabel dan Ring dengan Rutin

Komponen-komponen pendukung yang ada pada mobil Anda juga harus diperiksa. Karena komponen juga menyokong kinerja pada mesin. Anda bisa memeriksa keadaan kabel, ring, sampai karet penyangga di dalam kendaraan Anda ini. Apabila tidak diperiksa, jika ada kabel yang mengelupas atau semacamnya ia akan menyebabkan korsleting yang membahayakan kendaraan. Untuk ring, segeralah menggantinya jika sudah mulai berkarat. Ring yang baru akan membuat jalan bahan bakar semakin lancar dan mengurangi suara bising pada kendaraan.

Perhatikan Oli dan Bahan Bakar yang Digunakan

Performa mesin pada mobil dengan usia yang sudah lama sangat dipengaruhi oleh bahan bakar dan oli yang digunakannya. Pilihlah oli dengan kualitas terbaik agar bisa menjaga mesin dengan baik. Selain itu, penggunaan bahan bakar yang memiliki kualitas juga bisa mengurangi tingkat karatan yang bisa terjadi pada mesin kendaraan Anda. Pengisian bahan bakar secara teratur juga bisa mengurangi potensi keroposnya tangki bahan bakar mobil tua Anda. Sehingga performa kendaraan tetap bisa maksimal dan digunakan lagi dalam jangka waktu yang lama.

Pemeriksaan Rutin pada Kaki-Kaki Mobil

Seringkali ditemukan mobil tua yang memiliki suara kasar pada mesinnya. Hal ini bisa Anda minimalisir dengan rutin melakukan pemeriksaan pada kaki mobil. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin membersihkannya sendiri di rumah. Anda bisa mempelajari caranya dan berhati-hati saat melakukannya. Hal ini tidak lain adalah untuk menghemat pengeluaran agar tidak hanya habis karena mobil lama yang Anda miliki.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *